Wakil Perdana Menteri RRT Sun Chunlan dan Pimpinan Kontingen Tiongkok tampak berdiri sebagai bentuk dukungan kepada kontingen Tiongkok saat pembukaan Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, 18 Agustus 2018. (Foto: Biro Pers Setpres)

TRANSTIPO.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo menyampaikan terima kasih atas dukungan Republik Rakyat Tiongkok (RRT) terhadap penyelenggaran Asian Games 2018 di Indonesia.

“RRT telah mengirimkan jumlah kontingen terbesar,” ucap Presiden Jokowi ketika menerima Wakil Perdana Menteri RRT Sun Chunlan di Cofftea House, Kompleks GBK, Jakarta, 18 September 2018.

Pertemuan tersebut digelar sebelum  pembukaan Asian Games ke-18 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

“Saya yakin keikutsertaan kontingen RRT akan semakin menyukseskan Asian Games kali ini,” ujar Presiden.

Sekadar diketahui, sesuai data resmi Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC), kontingen Tiongkok mengerahkan total 859 atlet untuk 40 cabang olahraga. Negara pengirim atlet terbesar kedua adalah Thailand dengan menurunkan 812 atlet, disusul Korea Selatan dan India.

Dalam kesempatan itu, Presiden juga menyampaikam terima kasih atas undangan Presiden Xi Jinping untuk berkunjung pada bulan November mendatang bersamaan dengan China International Import Expo di Shanghai.

“Saya akan catat dengan baik namun perlu saya sampaikan bahwa pada bulan November sudah memasuki masa kampanye pemilu Presiden,” ucapnya, demikian rilis Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden.

Di penghujung pertemuan, Presiden menitipkan salam kepada Presiden Xi Jinping dan Perdana Menteri Li Keqiang.

Tampak hadir mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan tersebut Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

SARMAN SHD

TINGGALKAN KOMENTAR