Dua atlet Panjat Tebing Indonesia berhasil persembahkan medali emas untuk Kontingen Indonesia di Jakabaring Sport City Palembang, Kamis malam, 23 Agustus 2018. (Foto: Tim Media CdM)

TRANSTIPO.com, Palembang – Kontingen Indonesia akhirnya berhasil meraih medali emas perdana dari cabang olahraga di Asian Games yang dipertandingkan di Palembang, Sumatera Selatan, Kamis, 23 Agustus malam.

Medali emas itu diraih oleh atlet panjat tebing putri Indonesia, Aries Susanti Rahayu yang turun di nomor speed climbing atau kategori adu kecepatan perorangan putri.

Bahkan, kemenangan Aries diperoleh melalui all Indonesian final. Aries harus menundukkan pemanjat Puji Lestari yang sama-sama dalam tim merah putih.

Sementara tempat ketiga diraih pemanjat asal China, Cuilian He.

“Kita bangga dengan prestasi para atlet pemanjat tebing Indonesia. Tadi terjadi all Indonesian final, menunjukkan kita sangat kuat di Asia. Alhamdulillah, ini melengkapi emas kedelapan yang berhasil diraih Indonesia,” kata Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia, Syafruddin usai menyerahkan medali kepada para juara panjat tebing putri di Jakabaring Sport City, Palembang.

Tampak Menpora Imam Nahrawi (tengah) dan Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia Syafruddin (kanan) berpose bersama dua atlet Panjat Tebing Indonesia yang berhasil rengkuh medali emas di Jakabaring Sport City Palembang, Kamis malam, 23 Agustus 2018. (Foto: Tim Media CdM)

Selain nomor speed climbing, masih ada dua nomor lain yang dipertandingkan yakni speed relay (estafet beregu), dan nomor combined antara speed, lead, dan boulder.

“Kita akan lihat hasilnya dalam dua-tiga hari ke depan. Insya Allah, kita akan terus menambah emas,” ujar Syafruddin yang berada di Jakabaring Sport City Palembang untuk memompa semangat Tim Indonesia di sejumlah cabang olahraga.

Selain meraih medali emas dan perak di kelas putri, demikian rilis Tim Media Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia, pemanjat putra Indonesia juga berhasil menorehkan prestasi dengan meraih medali perunggu di nomor speed climbing putra.

Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) menurunkan 20 atlet pemanjat tebing andalannya untuk berlaga di Asian Games 2018. Diharapkan, cabang olahraga ini bisa menyumbang dua emas untuk tim Indonesia.

SARMAN SHD

TINGGALKAN KOMENTAR