Wakil Bupati Mamuju Irwan SP Pababari sedag beri sambutan pada kegiatan sosialisasi Uang Ruliah Baru yang diadakan oleh BI di Desa Pati’di, Simboro, Mamuju, Jumat, 24 Maret 2017. (Foto: Syaifuddin)

TRANSTIPO.com, Mamuju – Menepis keraguan masyarakat, Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Sulawesi Barat melakukan sosialisasi ciri-ciri keaslian Uang Rupiah Tahun Emisi 2016 di Desa Pati’di, Simboro, Mamuju, Jumat, 24 Maret 2017.

Menurut Kepala BI Perwakilan Sulawesi Barat, Dadal Angkoro, sosialisasi dilakukan karena adanya polemik  terjadi di masyarakat dengan hadirnya Uang Rupiah Baru yang telah dirilis beberapa waktu yang lalu.

“Sesuai dengan amanah UU Nomor 7 tahun 2011, BI memiliki tugas dan diberi amanah untuk melakukan pengedaran uang,” imbuh Dadal. Ia juga menambahkan, uang bukan sekedar sebagai alat pembayaran sehari-hari tetapi menjadi simbol dari kedaulatan Negara.

“Ini merupakan kesempatan yang baik untuk melakukan sosialisasi secara intensif kepada seluruh warga masyarakat, agar mengenal dan terhindar dari uang palsu,” terangnya.

Wakil Bupati Mamuju Irwan SP Pababari menyampaikan, selain mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh pihak BI, ia juga mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat agar ikut memerangi penyebar berita hoax (pemberian informasi palsu) mengenai Uang Rupiah Baru.

“Untuk itu saudara-saudara sekalian yang sempat hadir di sini, Bapak dan Ibu para OPD, para instansi terkait, kita ambil kewajiban dan tugas yang sama bukan hanya saudara-saudara kita dari pihak penegak hukum, tapi kita mengambil peran yang sama untuk memerangi mereka yang menyebar fitnah atau hoax dalam rangka menolak  Uang Rupiah Baru yang sudah dicanangkan oleh Presiden RI,” kata Irwan.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Mamuju, Muhammad Rifai, menyampaikan, akan meminta Bhabinkamtibmas (Bintara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) yang tersebar berbagai wilayah Mamuju dan Mamuju Tengah sebagai media bagi kepolisian untuk sosialisasi Uang Rupiah baru.

“Kami dari pihak kepolisian akan meminta kepada Bhabinkamtibmas yang tersebar di berbagai wilayah Mamuju dan Mamuju Tengah untuk menjadi media bagi kami dalam rangka untuk membantu pihak BI dalam mensosialisasikan Uang Rupiah Baru,” jelas Kapolres Mamuju ini.

Selain kegiatan sosialisasi ciri-ciri keaslian Uang Rupiah baru, di tempat yang sama juga dilaksanakan kegiatan peresmian Program Sosial Bank Indonesia (PSBI), yakni Pipanisasi Desa Pati’di yang diresmikan oleh Wakil Bupati Mamuju.

Acara tersebut dihadiri oleh Kemenag Mamuju H. Sofian Mubarak dan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta masyarakat Pati’di, Mamuju.

SYAIFUDDIN/HUMAS MAMUJU

TINGGALKAN KOMENTAR