Sekprov Sulbar Ismail Zainuddin sedang beri sambutan dan sekalian membuka panel diskusi di Ballroom d’Maleo Hotel & Convention Mamuju, Kamis, 20 April 2017. Kegiatan ini atas inisiasi Kantor BI Perwakilan Sulbar. (Foto: Ist.)

TRANSTIPO.com, Mamuju – Sebuah pertemuan serius telah digelar separuh siang tadi, Kamis, 20 April 2017. Pertemuan ini diberi nama Diskusi Panel. Diinisisasi oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar). Dilaksanakan di Ballroom d’Maleo Hotel & Convention Mamuju.

Pesertanya banyak, sekitar 400 orang dari pelbagai pihak. Wakil-wakil pemerintah kabupaten se-Sulbar, para lembaga pelaku ekonomi, praktisi perbankan, juga wakil-wakil media massa di Sulbar. Panitia bangga sebab sejak dimulai acara diskusi pada pukul 09.40 wita hingga berakhir diskusi tepat pukul 13.50 wita, nyaris tak seorang pun peserta yang beranjak dari kursinya.

Dari pantauan lama ini, memang hanya sesekali peserta yang keluar-masuk ruangan tapi itu untuk sekadar ke ‘ruang kecil’—entah sekadar buang air kecil atau basuh muka. Baru semenit lewat sejak Sekprov Sulbar Ismail Zainuddin tiba, acara pun dimulai. Seremoni pembuka usai ketika Ismail Zainuddin tampil di podium untuk beri sambutan sekaligus membuka panel diskusi ekonomi penting ini.

“Saya salut kepada Bank Indonesia Perwakilan Sulbar yang telah inisiasi pertemuan ini dan hadirkan sejumlah pihak yang kompeten. Yang lebih khusus, yang saya tahu, semua pembicara adalah berasal dari Jakarta. Semua terbilang pakar di bidangnya masing-masing. Jadi saya harap peserta bisa aktif dalam diskusi nanti,” kata Ismail Zainuddin, dalam sambutannya.

Jika tak salah, mungkin tak lebih 20 menit Ismail Zainuddin beri sambutan. Tapi—dengan cara penyampaiannya yang santai—menyembul sejumlah celetukan yang greget, positif, dan menantang peserta—utamanya para pelaku usaha di daerah.

“Yang saya tahu, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)—di Sulbar maksudnya, red—kalau dikatakan optimal belum juga, kalau disebut bergerak belum juga,” kata Sekprov Ismail yang mengundang tawa kecil seisi ruangan besar itu, siang tadi.

Ikuti pula sajian, IZ: BUMD Diharapkan Buka Lapangan Kerja

Foto bersama antara Sekprov Sulbar Ismail Zainuddin dengan para Narasumber panel diskusi seusai acara pembukaan, Ballroom d’Maleo Hotel & Convention Mamuju, Kamis, 20 April 2017. (Foto: Ist.)

Kegiatan ini, Diskusi Panel Pemberdayaan Sumber Daya Alam Migas dan Optimalisasi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dalam Rangka Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Sulawesi Barat. Para mentornya figur yang sangat kompeten.

Narasumbernya, yakni Direktur Sumber Daya Energi, Mineral dan Pertambangan Kementerian Negara Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Kepala Badan Pembinaan BUMD Provinsi DKI Jakarta, Direktur PD Pasar Jaya—salah satu BUMD Provinsi DKI Jakarta.

Ketika beri sambutan, Kepala Kantor Bank Indonesia Perwakilan Sulbar Dadal Angkoro sampaikan, pertemuan ini bukanlah yang pertama dan bukan pula untuk yang terakhir kalinya.

“Ke depan, kita akan bertemu lagi, termasuk akan kita agendakan pertemuan dalam bentuk diskusi dengan pihak eksekutif dan pelaku usaha di Sulbar ini,” Dadal yang siang tadi memandu panel diskusi hingga tuntas.

SARMAN SHD

TINGGALKAN KOMENTAR