Desa Lembangna Salulo Gembira Dikunjungi Bupati dan Dapat Bantuan

813
Pj Bupati Mamasa Yakub S. Solon (tengah) melakukan kunjungan di Desa Lembangna Salulo dan serahkan bantuan kepada warga. (Foto: Nisan)

TRANSTIPO.com, Mamasa – Penjabat (Pj) Bupati Mamasa Dr Yakub F Solon menyerahkan bantuan kepada 113 KK korban banjir bandang di tiga desa yakni Desa Lembangna Salulo, Desa Pebassian dan Desa Taupe Kecamatan Mamasa.

Penyerahan bantuan dilakukan di Kantor Desa Lembangna Salulo, Jumat, 27 Oktober 2023. Hadir dalam kegiatan tersebut Pelaksana Kepala BPBD, Kadis PUPR, Kadis Pertanian, Kasatpol PP, Kabag Ops Polres Mamasa, Pasi Intel Kodim 1428/Mamasa, Pj Ketua Damawanita Mamasa dan sejumlah pejabat Pemkab Mamasa lainnya.

Dalam sambutanya, Yakub F Solon menyampaikan sangat prihatin melihat kondisi masyarakat di tiga desa yang dilanda bencana banjir pada bulan juli tahun 2022 lalu.

Walaupun demikian, yakub berpesan agar masyarakat terus semangat dan bisa bangkit dari segala keterpurukan akibt bencana.

Ia mengatakan, dalam kehidupan ini, Tuhan tidak perna menjajikan hidup yang selalu senang, tetapi Tuhan berjanji akan selalu memberi pertolongan dalam suka dan duka.

“Bukti pertolongan Tuhan telah kalian rasakan. Sejak dilanda bencana pada bulan Juli 2022 yang lalu sampai hari ini kita semua masih bisa diberi nafas kehidupan dan juga berkat Tuhan kembali dinyatakan melalui bantuan BPBD yang kita serahkan hari ini,” ungkapnya.

Mantan kepala BPSDM Sulbar itu memberi apresiasi kepada tiga Kepala Desa yakni kades Lembangna Salulo, Kades Pebassian dan Kades Taupe yang sudah berkolaborasi dalam menguras rakyatnya.

“Saya apresiasi para kades yang ada ditempat karena sudah bisa berkolaborasi dalam mengurus warganya,” tutur Yakub.

Pada keselamatan itu, Yakub Solon kembali mengkampanyekan pentingnya penanganan stunting.

“Saya juga pesankan kepada semua masyarakat supaya memperhatikan generasi kita sejak dalam kandungan dengan memberikan asupan gizi yang cukub agar tidak stunting. Jika ada anak kita yang stunting tapi belum ditangani pemerintah supaya dilaporkan agar diberikan bantuan dan penanganan dari pemerintah,” ungkapnya.

Sementara itu, Pelaksana Kepala BPBD Mamasa, Gusti Hermiawan mengatakan bantuan yang diberikan kepada korban banjir ini merupakan bantuan dari BPBD RI atas usulan dari BPBD Kabupaten Mamasa.

Dikatakan, selain bantuan sembako, pihaknya juga telah mengusulkan bantuan rehabilitasi pasca bencana.

“Bantuan yang kita serahkan hari ini merupakan bantuan dari BPBD RI yang kita usulkan berdasarkan hasil pendataan jumlah korban. Kami juga sudah mengusulkan bantuan rehabilitasi pasca bencana dan kita sedang menunggu realisasinya,” ungak Gusti.

Ditempat yang sama, Kades Lembangna Salulo, Yosker menyampaikan terima kasih yang tak terhingga kepada Pj Bupati Mamasa bersama rombongan atas kunjungannya.

Yosker mengatakan, sudah 12 tahun menjadi Kades Lembangna Salulo baru pertama kali bupati berkunjung ke desanya.

“Saya sudah 12 tahun menjadi kades di Lembangna Salulo baru kali ini dikunjungi langsung bupati. Ini adalah suatu penghargaan yang luar biasa bagi kami,” kata Yosker.

Mantan aktivis Kabupaten Mamasa itu menambahkan, bencana banjir yang melanda tiga desa itu terjadi pada tanggal 7 Juli 2023 yang mengakibatkan puluhan hektar sawah siap panen rusak, sejumlah irigasi ambruk dan merusak jaringan pipa air bersih sehingga kondisi masyarakat saat itu betul-betul terpuruk.

“Bencana terjadi pada tanggal 7 Juli 2023 dan sampai hari ini sebagian besar sawah warga belum bisa diperbaiki karena membutuhkan biaya besar. Kami berharap kepada pemda melalui BPBD agar memberikan bantuan untuk perbaikan sawah dan irigasi,” tutup Yosker.

NISAN – SARMAN SHD

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini