Tampak satu kelompok peserta pelatihan jurnalistik yang digelar oleh Kampus IAI Polman, beberapa waktu lalu. Salah seorang pemateri, Burhanuddin Haruna (kanan) sedang membimbing peserta pelatihan jurnalistik. (Foto: Ist.)

TRANSTIPO.com, Polewali – Wakil Rektor III Muhammad Arsyad tutup pelatihan jurnalistik yang dilaksanakan selama tiga hari di Aula Kampus Institut Agama Islam (IAI) DDI Polman, beberapa waktu lalu.

Pelatihan ini diikuti oleh tak kurang 30 mahasiswa dari jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) IAI. Sebelum acara ini ditutup, semua peserta sempat berkunjung ke TV Kominfo mengikuti pelatihan presenter dan sekaligus menyaksikan langsung proses editing dan penyiaran yang dibimbing oleh Kabid Kominfo Pemkab Polman Muh. Sabri Syam.

Muhammad Arsyad dalam sambutannya, “Kami banggga kepada seluruh peserta yang telah mengikuti pelatihan jurnalistik yang pembukaan dilakukan oleh Rektor IAI DDI Salam Harianti pada Senin, 11 Januari 2017. Peserta dari awal hingga akhir tidak ada satupun yang meninggalkan pelatihan. Hal ini merupakan angin segar bagi IAI DDI karena peserta memiliki ilmu pengetahuan menulis yang dibimbing langsung oleh para jurnalis senior di Polman.”

“Harapan saya agar ilmu yang diterima dari pelatih dan pembimbing bisa dikembangkan di internal kampus maupun di luar kampus. Semoga dengan momentum ini adalah cikal bakal lahirnya jurnalis kampus dan anak-anakku sekalian menjadi aset yang bernilai tinggi,” kata Muhammad Arsyad.

Lanjut Arsyad, “Kami bersyukur alumni pelatihan ini, sudah ada beberapa yang mendapat tawaran menjadi presenter di TV Polewali Mandar milik Kominfo. Kami berharap kepada pembimbing agar terus ditingkatkan. Insya Allah ke depan—dan ini akan saya bicarakan dengan Rektor IAI—agar ada ruangan (tempat) khusus di kampus agar para alumni pelatihan bisa memakai ruangan tersebut. Ruangan ini juga akan jadi sekretariat untuk pembuatan (redaksi) koran kampus,” harap Muhammad Arsyad.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara Asria, yang juga pengurus Senat Eksekutif Mahasiswa (Sema) IAI DDI dalam laporannya mengatakan, “Pelatihan ini merupakan program yang kita realisasikan, dan kesuksesan acara ini berkat kerjasama Dewan Pembina Pers kampus IAI DDI serta dukungan dari rektor serta para Dekan dan Dosen.”

“Insya Allah amanah ini kami akan teruskan dan akan kami kembangkan hingga para alumni pelatihan bisa bermanfaat, khususnya kepada mahasiswa itu sendiri,” kata Asria.

Hal senada disampaikan oleh Ketua Sema IAI DDI Polman Dikky Saputra. “Kami bersyukur kepada Allah karena program kemahasiswaan ini sukses dilaksanakan. Aktivitas mahasiswa di kampus adalah tanggung jawab pengurus Sema, dan pelatihan adalah bagian dari proses penilaian kampus untuk mendapatkan sertifikasi,” kata Dikky.

“Insya Allah para alumni kita akan terus motivasi untuk terus bergerak dalam kampus, dan ini kita akan komunkasikan ke UKM Jurnalistik yang sudah ada sebelumnya. Dengan adanya 30 peserta yang sudah siap maka saya kira keinginan kampus memiliki media sendiri bisa terwujud,” kata Dikky lagi.

“Kami berterima kasih kepada Warek III IAI yang berkenang menutup acara pelatihan serta berterima kasih karena para alumni pelatihan akan disiapkan secretariat,” puji Dikky Saputra.

BURHANUDDIN HR

TINGGALKAN KOMENTAR