Tampak arena pacuan kuda di Sport Center Polewali. Arena ini akan dijadikan tempat lomba pacuan kuda dalam rangka memeriahkan HUT Polman 2016. Lomba ini dihelat Sabtu-Minggu, 12-13 November 2016. (Foto: Burhanuddin HR)

TRANSTIPO.com, Polman – Sekitar 56 personil dari TNI, Polri dan Satpol PP akan mengamankan lomba pacuan kuda dalam rangka memeringati HUT Polewali Mandar tahun 2016. Lomba pacuan kuda ini akan memperebutkan Piala Bergilir AIM Stable 2016.

Personil pengamanan lomba dipersiapkan sebanyak: 16 orang dari TNI (dari Kodim 1402 Polmas 10 orang dan dari kesatuan 721 6 orang), Polres Polman 30 orang, dan Satpol PP 10 orang.

Penjelasan itu disampaikan oleh Kabag OPS Polres Polman, yang juga koordinator pengamanan lomba pacuan kuda, AKP Muktar Amir seusai rapat bersama di Warkop A.Tong, Kamis sore, 10 November 2016.

“Kami siagakan pengaman dari tiga angkatan yang telah dipercayakan panitia selama ini. Lomba pacuan kuda dilangsungkan 12 – 13 November 2016. Kami sudah persiapkan personilnya, begitu juga dari TNI dan Salpol PP,” kata Muktar Amir.

Ketua Panitia Muh. Taufik saat beri penjelasan tekhnis dalam sebuah rapat bersama pihak keamanan di Warkop A. Tong, Pekkabata, Kamis sore, 10 November 2016. (Foto: Burhanuddin HR)
Ketua Panitia Muh. Taufik saat beri penjelasan tekhnis dalam sebuah rapat bersama pihak keamanan di Warkop A. Tong, Pekkabata, Kamis sore, 10 November 2016. (Foto: Burhanuddin HR)

Sementara di tempat yang sama, ketua penyelenggara pacuan kuda Muh. Taufik mengatakan, Lomba kali ini pesertanya dari luar sulbar. Ada dari Kabupaten Jeneponto, Sulsel, akan ikut sebagai peserta.

“Kuda beserta jokinya—bahkan beserta bupatinya—akan datang di Polman. Peserta dari Takalar, Sulsel, juga akan hadir. Dari Matra, Mateng dan Majene juga akan ikut ambil bagian dalam lomba ini,” kata Taufik.

Salah satu keunikan lomba pacuan kuda kali ini sebab hadiahnya tak melulu ditanggung panitia. Tapi akan ditanggung oleh sejumlah kepala SKPD di Pemkab Polman dan pengusaha daerah.

“Andi Ian Rusali Masdar juga akan menanggung hadiah khusus untuk pemenang lomba pacuan kuda nantinya,” kunci Taufik.

BURHANUDDIN HR

TINGGALKAN KOMENTAR