Gubernur Sulbar Anwar Adnan Saleh (kemeja putih, songkok hitam) sedang menyaksikan loma pacuan kuda di Sport Centre Polewali, Minggu, 13 November 2016. (Foto: Burhanuddin HR)

TRANSTIPO.com, Polman – Lomba pacuan kuda sangat menarik ditonton ketika sedang beradu cepat di arena Sport Centre, Manding, Polewali, 12-13 November 2016.

Kuda milik Bupati Polman Andi Ibrahim Masdar (AIM) akhirnya keluar sebagai Juara I di kelas open race pada babak final, Minggu, 13 November 2016. Kuda Bintang Polman—juga milik AIM—serta Kuda Syahrini milik Wakil Bupati Jeneponto Andi Mulyadi Bustamu alias Karaeng Tinggi.

Kejuaraan lomba pacuan kuda kali ini, kuda milik AIM berhak memboyong piala bergilir AIM stable serta jokinya yang bernama Haris beroleh bonus. Kuda lain yang berlaga di kelas 1.000 meter, didominasi kuda asal Jeneponto, yakni kuda Putri Gerindra milik Paris Yaser asal Jeneponto juara I, kuda Rambo Star milik Karaeng Talli juara II, dan kuda Assanti milik ibu Wakil Bupati Jeneponto juara III.

Sementara di kelas lainnya, seperti di kelas 1,II dan III, semuanya berimbang baik kuda Jeneponto, Bantaeng, dan kuda dari Mateng. Semua berimbang bergantian juara, termasuk kelas pemula yang hadiahnya ditanggung oleh Ketua PKK Polman. Kuda dari Jeneponto dan kuda Polman bersaing ketat.

Lomba Pacuan Kuda di Sport Centre dalam rangka memeriahkan jelang HUT Polman 2016. (Foto: Burhanuddin HR)
Lomba Pacuan Kuda di Sport Centre dalam rangka memeriahkan jelang HUT Polman 2016. (Foto: Burhanuddin HR)

Kecelakaan

Di arena pacuan kuda tiba-tiba heboh lantaran dua ekor kuda bertabrakan. Kuda milik Andi Raden Mulyo, Ketua Fraksi Golkar di DPRD Polman, terpaksa terhenti di tengah lapangan arena di babak penyisihan lomba di hari pertama.

Kuda milik Andi Raden bertabrakan dengan kuda peserta lomba lainnya. Erwin—sang joki—terjatuh. Tersungkur di tanah. Kaki kirinya patah. Erwin kemudian dilarikan ke rumah sakit terdekat.

Di hari kedua atau di babak final, salah seekor kuda peserta lomba menabrak salah seorang penonton (wanita). Penonton ini tak sadarkan diri. Ia kemudian dilarikan oleh panitia ke salah sebuah Puskesmas di Pekkabata, Polman.

Ketua Panitia Pelaksana Muh. Taufik Jember mengatakan, kami berterima kasih kepada pihak pengamanan–TNI, Polri dan Satpol PP—karena selama berlangsung kejuaran pacuan kuda dalam rangka HUT Polman ke-57 dan memperebutkan Piala AIM Stable 2016, berlangsung aman juga kami berterima kasih kepada SKPD khususnya Kepala Dinas PU, Direktur RSUD, Distarkin Kehutanan dan Perkebunan dan Ketua DPRD Polman yang telah menanggung hadiah untuk para juara.

Termasuk kepada Ketua Tim PKK Polman Jumriah Ibrahim. Kepada para tenaga medis, terima kasih banyak atas pengorbanannya.

“Tak lupa kami ucapkan terima kasih kepada tim penghibur di bawah komando master player Didin dan sejumlah artis lokal Indar Wati Hera Yanti dan Iren. Juga kepada Jember Community yang setia setiap saat berada di Sport Center mempersiapkan seluruh properti untuk pacauan kuda serta dua reporter acara Alan dan Abu yang terus memberikan komentar dalam acara lomba ini,” urai Muh Taufik.

BURHANUDDIN HR

TINGGALKAN KOMENTAR