Sakka Hamma, Kepala Desa Barumbung, Kecamatan Matakali, Polman, Sulbar. (Foto: Burhanuddin HR)

TRANSTIPO.com, Polman – Masih ingat Tri Konsepsi Pembangunan? Tiga konsep pembangunan ini diperkenalkan oleh Gubernur Sulsel Zainal Basri Palaguna, tempo dulu.

Lalu apa hubungan antara Desa Barumbung, Polman, dengan Tri Konsepsi Palaguna itu? Salah satu dari tiga konsep pembangunan itu adalah pengwilayahan komoditas. Gebernur Palaguna kemudian beri bantuan kepada Desa Barumbung berupa padi palawija, kakao, kambing etawa, dan kambing kacang.

Berkat bantuan dari Pemprov Sulsel itu, kini di desa yang tengah dipimpin oleh Sakka Hamma komoditas yang dibantukan tempo hari itu telah berkembang pesat ini.

Sakka Hamma terpilih jadi Kades Barumbung, Kecamatan Matakali, Polman, dua tahun lalu. Infrastruktur lintas dusun di desa itu tampak terbangun. Dulunya, jalan menuju ke kebun tertutup. Tapi kini sudah tak terisolasi lagi. Hal itu diakui oleh Sakka dan disampikan kepada Burhanuddin HR—kru transtipo.com—ketika keduanya bertemu di sebuah warung kopi di Polewali, Jumat sore, 11 November 2016.

Desa Barumbung kini dikenal sebagai desa penghasil padi palawija, kakao (cokelat), dan kelapa. Pengembangan peternakan sapi rakyat dan kambing dari berbagai jenis seperti, kambing Etawa, kambing Donggala (hasil persilangan kambing Etawa dan kambing Kacang).

Menurut Sakka, peningkatan hasil produksi pertanian berjalan dengan baik di desa kami. “Kami memimpin dengan sistim kekeluargaan. Kami utamakan musyawarah mufakat baru kita lakukan pekerjaan yang sudah menjadi kesepakatan,” kata Sakka Hamma.

BURHANUDDIN HR

TINGGALKAN KOMENTAR