Foto dokumentasi perbaikan dan penyelesaian jalan yang rusak yang dikerjakan oleh PT Passokorang. Gambar ini hasil perbaikan perusahaan itu dan diserahkan kepada kru laman ini di Pasangkayu, Senin sore, 6 Februari 2017. (Foto: Ist.)

TRANSTIPO.com, Pasangkayu – PT. Passokorang merespon cepat terhadap beberapa titik proyek jalan rusak di Desa Balantik Kecamatan Baras dan Desa Bulumaro Kecamatan Sarudu, Matra, yang memakai dana APBD 2016.

Hal itu merupakan reaksi atas sorotan publik terhadap jalan rusak tak lama setelah salah seorang Anggota DPRD Matra memposting (upload) gambar hasil pekerjaannya di dunia maya yang menuai tanggapan beragam dari beberapa pengguna media sosial, Jumat, 3 Februari lalu.

Proyek yang baru selesai dikerjakan tersebut terlihat hancur di beberapa titik yang diduga akibat pengaruh air hujan seperti yang disampaikan pihak kontraktor. Namun, sebagian pengguna media sosial berpendapat akibat kurangnya mutu pekerjaan.

Sebelumnya, Plt Kadis PU Matra Budiyansa telah menyampaikan melalui lisan dan tulisan masalah ini kepada pihak rekanan agar segera melakukan perbaikan terhadap beberapa titik jalan yang rusak. Bahkan pihaknya memberikan peringatan keras bilamana imbauan itu tidak diindahkan.

“Konsekuensinya besar kalau pihak rekanan (PT Passokorang, red) tidak melaksanakan kewajibannya. Sebab dapat berdampak pada penangguhan pembayaran retensi (biaya perbaikan), bahkan bisa dilakukan black list,” kata Budiyansa.

Kepala Proyek Harmadi sebagai penanggungjawab soal itu menyebutkan, pihaknya sangat apresiasi semua tanggapan mengenai pekerjaan. Sebab, itu juga menjadi bahan evaluasi bagi peningkatan mutu yang lebih baik.

Sebagai pertanggungjawaban administrasi, pihaknya sudah memberikan beberapa gambar dokumentasi proses perbaikan dan penyelasaian beberapa titik jalan ke Dinas PU Matra pada Senin, 6 Februari.

“Kami sudah melakukan penggalian dan pengerukan lapis perkerasan sebagai awal tindakan preventif (pencegahan) kerusakan yang lebih besar. Dan sudah dilaksanakan perbaikan pada titik yang rusak untuk mendapatkan hasil yang sama kualitasnya seperti sebelumnya,” sebut Harmadi.

Lanjut dia, setelah selesai di Balantik, pihaknya akan mengerahkan alat untuk merampungkan titik jalan yang rusak ke Sarudu. Dan dia yakin bila tak ada halangan, mungkin dua atau tiga hari ke depan semuanya akan selesai.

ARHAM BUSTAMAN

TINGGALKAN KOMENTAR