Community Development Area Manager (CDAM) Astra Agro Lestari (AAL) area Sulawesi 1 Budi Sarwono. (Foto: Arham)

Ribut-ribut di mulut lagi. Cari solusi kemudian.

TRANSTIPO.com, Pasangkayu – Community Development Area Manager (CDAM) Astra Agro Lestari (AAL) area Sulawesi 1 Budi Sarwono menyatakan, salah seorang Anggota DPD RI dari Sulawesi Barat Asri Anas tak tahu persoalan terkait sengketa agraria antara perusahaan dan warga.

Hal itu disampaikan Budi Sarwono saat buka bersama dengan awak media, Selasa, 5 Juni 2018, di kantor anak perusahaan AAL, PT. Tanjung Sarana Lestari, Desa Ako, Kecamatan Pasangkayu.

“Semua persoalan sudah selesai, DPRD sudah melakukan Pansus. Dia (Asri Anas) itu tak tahu persoalan,” sebut Budi.

Ini disampaikan Budi Sarwono sebagai jawaban terkait pernyataan Asri Anas beberapa waktu lalu yang menyebutkan Pemkab Pasangkayu kurang serius soal sengketa agraria antara warga dan perusahan sawit di daerah Pasangkayu yang hingga kini belum ada penyelesaian.

Setidaknya, ada dua perusahaan besar yang bergerak di bidang perkebunan sawit yakni Astra Grup dengan beberapa anak perusahaan dan PT. Unggul Widya Tekhnologi Lestari yang memilki HGU yang cukup luas.

Melihat banyaknya konflik agraria di wilayah ini, bahkan tak sedikit berujung ke meja hijau, membuat beberapa pihak terkait, termasuk DPRD mendorong percepatan penyelesaian.

Anggota DPD RI dua periode dari Sulawesi Barat ini menyatakan, sebagai pemangku otoritas atas wilayah, bupati seharusnya tegas menindaki perusahaan-perusahaan.

Selain soal sengketa lahan, ia juga mempertanyakan soal tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) yang dinilai kurang transparan.

ARHAM BUSTAMAN

TINGGALKAN KOMENTAR