Pilkades di Tiga Desa di Matra Segera Digelar

185

TRANSTIPO.com, Pasangkayu – Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Matra Arfan Lasibe, menegaskan, sebanyak tiga desa di Kabupaten Matra bakal melaksanakan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di tahun 2017.

Pilkades 2017 ini di antaranya, Desa Tampaure Kecamatan Bambaira, Desa Doda Kecamatan Sarudu, dan Desa Lilimori Kecamatan Bulutaba.

“Pilkades di tiga desa itu kami pastikan berlangsung 2017, mengingat masa jabatan kadesnya telah berakhir,” kata Arfan Lasibe kepada laman ini di rumahnya, Selasa, 7 Februari 2017.

Arfan Lasibe, yang pernah jadi Kades Polewali, mengatakan, waktu pelaksanaan Pilkades direncanakan Februari ini. Para Ketua BPD masing-masing desa akan disurati untuk segera membentuk Tim 5. Setelah itu, katanya, Tim 5 tersebut diharapkan melakukan penjaringan bakal calon kades di wilayah desanya masing-masing.

“Insya Allah, tahapan Pilkades akan berlangsung dari Februari hingga April 2017. Setelah itu baru saya minta izin pada Bupati Matra untuk agendakan pelantikanya, rencana Mei mendatang,” kata Arfan.

Ditanyakan tentang besaran dana Pilkades, Arfan tak menyebut jumlahnya. Tapi Arfan jelaskan, biaya yang ditanggung oleh Pemkab Matra hanya biaya pengamanan saja. Pihak kepolisian dan linmas yang bertanggungjawab mengamankan Pilkades.

Sedangkan biaya honorer Tim 5 dan biaya lainya, katanya, dibebankan pada alokasi dana desa (ADD) masing-masing desa.

“Anggaran yang melekat di BPMPD terbatas,” kata Arfan.

FIRMANSYAH

TINGGALKAN KOMENTAR