Pengelolaan Air Limbah Wujudkan Visi-Misi Sanitasi Matra

288
Andi Idamatani (kiri) Saat Rapat Pendahuluan Penyusunan DED IPAL Matra

TRANSTIPO.com, Pasangkayu – Bappeda Mamuju Utara melakukan rapat kordinasi dengan beberapa pihak sebagai langkah mewujudkan visi-misi sanitasi pemerintah daerah Mamuju Utara 2012-2017.

Rapat ini berlangsung di aula kantor Bappeda Matra yang dihadiri Albert selaku Asisten Perencanaan Satuan Kerja Pengembangan Sistem Penyehatan Lingkungan Pemukiman (Satker PSPLP) Provinsi Sulawesi Barat.

Rapat tersebut membahas persiapan pembangunan drainase pengelolaan air limbah berdasarkan DED IPAL (Detail Engineering Design Instalasi Pengolahan Air Limbah) kawasan Mamuju Utara.

Rencana pelaksanaannya dilakukan secara bertahap sesuai kemampuan daerah demi meningkatkan sistem pengelolaan dan pelayanan air limbah (sanitasi) jangka panjang yang layak secara tekhnis dan mudah diaplikasi.

Karena itu, Kepala Bidang Fisik Dan Perencanaan Bappeda Matra Andi Idamayanti mengatakan perlu dilakukan kordinasi demi penyatuan persepsi antara konsultan dengan seluruh stakeholder.

“Penanganan air limbah di daerah ini akan berjalan dengan baik jika semua pihak bisa bersinergi dengan baik,” kata Andi Idamayanti.

Pasalnya lanjut dia, penanganan air limbah merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, selain memperhatikan kelestarian lingkungan sekitar khususnya di wilayah padat penduduk.

Ia juga meminta satker PSPLP berdiskusi langsung dengan pihak terkait agar mendapatkan data ril, dan berharap tetap konsisten mengawal pelaksanaannya.

Menurut Sumarlin selaku Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pu Matra, kemungkinan rencana pembangunan drainase pengelolaan air limbah akan diarahkan di wilayah Bambalamotu.

“Karena persentase penduduk di wilayah itu khususnya dalam kota cukup padat, sehingga dianggap layak berdasarkan potensi genangan,” kata Sumarlin.

ARHAM BUSTAMAN

TINGGALKAN KOMENTAR