Penampungan Air Bukit Harapan Dapat Penuhi Kebutuhan 3 Kecamatan

133
Sekretaris Bappeda Arhamuddin (kiri) Saat Diskusi Penampungan Air Bukit Harapan

TRANSTIPO.com, Pasangkayu– Pemerintah daerah Mamuju Utara akan membangun penampungan air baku di Danau Pantalabu, Bukit Harapan, kecamatan Baras untuk memenuhi kebutuhan air bagi warga tiga kecamatan yakni Baras, Lariang dan Bulu Taba.

Rencananya, proyek ini dikerjakan pihak BWSS III dan melibatkan PT. Inakko Internasional Konsulindo dengan anggaran yang bersumber APBN 2017 melalui Kementerian PUPR.

Hal itu disampaikan sekretaris bappeda mamuju utara arhamuddin saat diskusi laporan pendahuluan SID dan UKL-UPL pembangunan air baku Bukit Harapan di aula kantor Bappeda Matra, Rabu (10/5).

Menurut Arham, ini sebagai langkah awal untuk melakukan analisa dan survey sebagai pendukung pekerjaaan tersebut.

Berdasarkan data, debit air yang ada di danau dengan luas tidak lebih 1 Hektar itu dapat mencukupi kebutuhan puluhan desa yang dihuni puluhan ribu warga di tiga kecamatan tersebut.

Sebab itu, untuk menjaga debit dan sterilisasi (kemurnian) air, ia menghimbau kepada warga di sekitar danau agar tetap menjaga dan merawat hutan yang ada di sekitar.

“Danau ini selain digunakan sebagai tempat penampungan, nantinya juga dapat difungsikan sebagai pembangkit listrik berskala kecil (mikro hidro) demi kebutuhan listrik warga sekitar desa Bukit Harapan,” kata Arham.

ARHAM BUSTAMAN

TINGGALKAN KOMENTAR