Jemput Bola, Penuhi Target di Ujung Waktu

341

TRANSTIPO.com, Matra – Kantor  Dinas Dinas Pencatatan Sipil Dan Kependudukan (Capilduk) Matra masih terlihat ramai dipadati warga. Pasalnya, mereka menunggu giliran pelayanan.

Meski seluruh staf terlihat sibuk melayani, namun tetap saja terjadi antrian, sebab jumlah warga yang datang dari seluruh pelosok tiap hari jam kantor cukup banyak.

Hal itu terjadi setelah pemerintah menegaskan akan non-aktifkan data kependudukan bagi yang tak melakukan pemutakhiran data sampai Desember 2016 nanti. Dan itu akan berimplikasi pada data lainnya, yang berbasis online, termasuk perbankan dan sebagainya.

Selain itu, pemerintah melalui surat edaran Kemendagri tentang hak sipil meminta proses percepatan e-KTP dengan target pencapaian hingga 90 persen pada 2017 mendatang.

Juga menghimbau dilakukan jemput bola (turun lapangan) melalui Capilduk masing-masing dearah terkait, agar segera menyelesaikan persoalan data kependudukan sesuai target yang ditentukan.

Kadis Capilduk Matra, Akbar Andi Wawo mengungkapkan, pihaknya telah melakukan jemput bola sebelum ada imbauan saat ditemui di ruangannya, Jumat, 28 Oktober 2016.

“Kami sudah lakukan jemput bola (perekaman data) jauh sebelum ada imbauan. Melalui Desa Smart, seluruh staf dikerahkan untuk melayani masyarakat,” ungkapnya.

Sampai sekarang, pihaknya mengklaim sudah merampungkan pemutakhiran data kependudukan khususnya bagi warga wajib KTP. Sekitar 85 persen sudah diselesaikan, jadi yang tersisa tinggal 15 persen dari 138.485 jiwa jumlah penduduk Mamuju Utara (Matra) yang wajib memiliki e-KTP.

Kendala yang dihadapi terkait e-KTP yakni blangko. Sebab, kekosongan blangko akibat lambatnya pengiriman dari pusat. Namun untuk mengatasi soal ini, pihaknya memberikan solusi alternatif bagi warga berupa biodata sebagai pengganti KTP sementara.

Ia menambahkan, soal blangko diperkirakan paling lambat bulan Desember tahun ini akan dikirim dari pusat. Sehingga warga yang sudah melakukan perekaman atau pun yang baru akan melakukan akan selesai secepatnya.

ARHAM BUSTAMAN

TINGGALKAN KOMENTAR