Kabag Humas dan Protokoler Setda Matra, Suri Fitriah (kiri), jadi salah satu Pemateri dalam kegiatan Bimtek Pelatihan Dasar Jurnalistik bagi OPD di Matra, Pasangkayu, Selasa, 24 Mei 2017. (Foto: Arham Bustaman)

TRANSTIPO.com, Pasangkayu – Bagian Humas dan Protokoler Sekretariat Daerah Mamuju Utara menggelar bimbingan tekhnik (Bimtek) dan pelatihan dasar jurnalistik bagi seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) selama dua hari di hotel Mercure, Palu, Sulawesi Tengah.

Bimtek ini menghadirkan dua orang Pemateri, masing-masing Irwani Pane (Irwani Pane Institut) dan Oka Budiartha (LPP TVRI Sulbar). Kegiatan diharapkan mampu meningkatkan kualitas dan kapasitas kehumasan di daerah tersebut, khususnya yang bersentuhan dengan masyarakat.

Selain itu, ini bisa mewujudkan tata kelola pelayanan yang efektif, efesien dan profesional secara internal OPD dan Pemda Matra secara umum.

Acara ini dibuka oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Makmur, mewakili Bupati Mamuju Utara pada Selasa, 24 Mei, dan berlangsung hingga Rabu, 24 Mei 2017.

Kegiatan ini lebih menekankan agar seluruh peserta dapat lebih memahami tupoksinya selaku ASN (pegawai negeri), sehingga pelayanan terhadap masyarakat lebih optimal.

“Kami harap, ini dapat lebih meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Sebab, pelayanan yang prima merupakan bagian dari sembilan agenda—NAWAJIWA—Bupati Matra,” kata Makmur.

Ia menambahkan, seluruh kegiatan pemkab sangat penting untuk dipublikasi, karena hal itu dapat memberi dampak positif terhadap pembangunan daerah ini.

Lebih lanjut ia menjelaskan, bahwa peran serta Pers sebagai corong informasi harus lebih ditingkatkan.

Pasalnya, media yang mengangkat konten lokal mampu mengangkat citra daerah, baik secara lokal, regional, nasional bahkan bisa secara global, apalagi di era digitalisasi saat ini.

Kepala Bagian Humas dan Protokoler Mamuju Utara, Suri Fitriah, mengatakan bahwa Humas merupakan penyambung informasi kepada publik. Pula, kata Suri Fitriah, dengan peran Pers bisa memperdalam kepercayaan publik tehadap organasasi pemerintah ataupun swasta.

“Sebagai penunjang tujuan manajemen organisasi dengan sasaran internal dan eksternal, Humas bertugas membina hubungan harmonis antara organisasi dan masyarakat,” kata Ria, sapaan perempuan berjilbab ini.

Dan, paling penting, masih Ria, ini lebih bada peningkatan sumberdaya aparatur dalam mengelola kehumasan serta memahami dasar-dasar jurnalistik, khususnya di lingkup masing-masing OPD.

ARHAM BUSTAMAN

TINGGALKAN KOMENTAR