Pemateri dari Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, Kemendiknasbud RI, Jakarta, sedang beri pemaparan pada kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyelenggaraan Pendidikan Keluarga Tahun 2018, Topoyo, Mamuju Tengah, Kamis, 3 Mei 2018. (Foto: Ruli)

TRANSTIPO.com, Topoyo – Pada Kamis malam, 3 Mei 2018, pukul 20.15 WITA, pembukaan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyelenggaraan Pendidikan Keluarga Tahun 2018.

Kegiatan ini berlangsung di Aula Wisma Fadilha, Jalan Abd. Madjid Pattaropura, Topoyo, Mamuju Tengah.

Kegiatan Bimtek ini merupakan program penting atas kerja sama Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, Kementerian Pendidikan Nasional dan Kebudayaan (Kemendiknasbud) RI dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Diknasbud) Kabupaten Mamuju Tengah.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Diknasbud) Kabupaten Mamuju Tengah Busdir, S.Pd, MM (duduk, kedua kanan) bersama Hairullah, S.Pd, Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan Dikmas Diknasbud Kabupaten Mamuju Tengah Hairullah, S.Pd (duduk, kanan) pada kegiatan Pembukaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyelenggaraan Pendidikan Keluarga Tahun 2018, Topoyo, Mamuju Tengah, Kamis, 3 Mei 2018. (Foto: Ruli)

Sebanyak 50 orang peserta yang mengikuti Bimtek ini, berasal dari unsur Pengawas dan Penilik sekolah, Satuan Pendidikan dari PAUD, SD dan SMP, Komite Sekolah, IGTKI, HIMPAUDNI, Forum PKBM serta dari Diknasbud Kabupaten Mamuju Tengah.

Pemateri lainnya adalah Busdir, S.Pd, MM, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Diknasbud) Kabupaten Mamuju Tengah Busdir, S.Pd, MM. “Pak Kadis juga yang membuka kegiatan ini,” kata Hairullah, S.Pd.

“Yang hadir selaku pemateri atau pembicara kunci adalah Bapak Edi, SS. Beliau dari Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, Kemendiknasbud RI, Jakarta,” urai Hairullah, S.Pd, Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan Dikmas Diknasbud Kabupaten Mamuju Tengah.

Hairullah menambahkan, kegiatan Bimtek ini akan berlangsung hingga hari Minggu, 6 Mei 2018. “Adapun nama-nama fasilitator adalah Memet (Casmat/Pusat), Abd. Rahman Samad, Sri Asri Yani, dan Mastura,” sebut Hairullah.

Di hari kedua Bimtek ini, yang tampil selaku pemateri adalah Ibu Mastura, S.Pd, M.Pd. Ia membawakan materi tentang Bimbingan Pendidiakan Keluarga.

Pemateri di hari kedua kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyelenggaraan Pendidikan Keluarga Tahun 2018, Topoyo, Mamuju Tengah, Kamis, 3 Mei 2018, Ibu Ibu Mastura, S.Pd, M.Pd (kiri). (Foto: Ruli)

“Pentingnya pendidikan keluarga dan cara berkomunikasi kepada anak. Bagaimana kita berkomunikasi dengan menggunakan kata-kata yang positif,” kata Mastura, S.Pd, M.Pd.

Ia juga mengatakan, penting pula mensosialisasikan pendidikan terlebih dahulu lewat keluarga di rumah. Dalam pembahasan materi ini, setelah paparan awal lalu dilajutkan dengan diskusi antara Pemateri dan Peserta.

Bahan tambahan dari diskusi ini adalah praktek dan menguji Peserta tentang berkonsentrasi mereka khususnya dalam keluarga. Advertorial

RULI SYAMSIL/MUH. ANAS MAKKARUMPA

TINGGALKAN KOMENTAR