Pembentukan pengurus Karang Taruna yang baru di Kabupaten Mateng di Cafe and Resto di Topoyo pada Selasa, 26 Maret 2019. (Foto: Ruli)

TRANSTIPO.com, Topoyo – Organisasi Karang Taruna kini telah terbentuk di Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng). Pembentukan pengurus baru Karang Taruna ini dibentuk di Cafe and Resto di Topoyo pada Selasa, 26 Maret 2019.

Hadir adalah Kepala Dinas PMD Mateng Zulkifli, Sekretaris Dinas Sosial Mateng Awaluddin, Kabid Kepemudaan dan Olahraga Rusdi Arif, serta beberapa pengurus Karang Taruna desa dan perwakilan pemuda.

Seusai musyawarah dan pembentukan struktur kepengurusan organisasi tersebut, Zulkifli mengatakan, kita harapkan agar pembentukan pengurus baru Karang Taruna betul-betul mengacu kepada Peraturan Menteri Sosial (Permensos). Bagaimana organisasi Karang Taruna ke depan bisa berjalan sebagaimana yang kita harapkan, dan dapat bersinergi dengan pemerintah.

“Selaku pemerintah atau mitra mitra kerja akan mensuppor serta mengapresiasi pembentukan kepengurusan organisasi Karang Taruna yang baru, dan akan bersinergi dengan pemerintah yakni dinas sosial, PMD, parawisata di bidang kepemudaan serta organisasi kepemudaan yang ada di Mateng,” kata Zulkifli.

Ia juga mengatakan tujuan pembentukan kepengurusan Karang Taruna adalah agar dapat memaksimalkan pemuda lebih kreatif, sehingga organisasi Karang Taruna kehadirannya dapat terlihat lagi.

Menurutnya, kepengurusan Karang Taruna sebelumnya yang ada di Kabupaten Mateng kurang aktif dalam berkreasi.

Ia menambahkan, Karang Taruna ini organisasi resmi, bukan abal-abal, sebab ini dinaungi oleh Kementerian Sosial. Lembaga ini merupakan bagian advokasi terhadap isu-isu yang menghujat desa itu sendiri.

Selain itu, kata Zulkifli, lembaga ini juga bagian dari lembaga yang ada di tingkat pemerintahan desa yang berkontribusi besar dalam pembangunan desa.

“Pembentukan kepengurusan baru ini kami berharap agar bisa segera terbentuk dan kemudian bisa dibentuk di tingkat desa. InsyaAllah nanti dapat membantu pemerintah serta bersinergi dengan desa untuk membangun ekonomi masyarakat serta permasalahan sosial lainnya,” ujar Zulkifli.

RULI SYAMSIL

TINGGALKAN KOMENTAR