Komisioner KPU Mateng tinjau kesiapan Pemilu 2019 di Topoyo, Senin, 1 April 2019. (Foto: Ruli)

TRANSTIPO.com, Topoyo – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng) menggelar coffee morning dan sekaligus meninjau persiapan serta kesiapan Pemilu 2019 di sejumlah tempat di Topoyo pada Senin, 1 April 2019.

Hadir dalam kegiatan tersebut adalah para komisioner KPU Mateng, PPK, PPS di Kabupaten Mateng.

Seusai apel siaga kesiapan Pemilu 2019, Ketua KPU Mateng Suryadi Rahmat mengatakan, kegiatan kali ini selain coffee morning kami juga memonitor kesiapan penyelenggara pemilu di tingkat bawah. Hal ini berdasar surat edaran KPU RI.

“Sambil menunggu surat suara tiba, kita memonitoring dan sekaligus melihat sejauh mana kesiapan penyelenggaran tingkat bawah. Tidak lama lagi distribusi surat suara itu akan tiba di Mateng. Kira-kira tanggal 3 April 2019 insya Allah sudah ada,” katanya.

Ia juga katakan, setibanya kertas suara itu kita lipat dan langsung dimasukkan ke kotak yang sudah kami siapkan, kemudian didistribusikan langsung ke kecamatan dan desa secara bertahap sesuai dengan wilayah.

“Pada 14 April 2019 kotak suara dan perlengkapan pemilu yang lain sudah ada di tiap kecamatan,” ungkap Suryadi Rahmat.

Untuk mengantisipasi distribusi nantinya, katanya, kita prioritaskan pendistribusian untuk wilayah yang jauh dan dikawal pihak kepolisian dan bawaslu.

Ia tambahkan, sebelum kotak itu turun dan didistribusikan, karena kotak suara ini berbahan dasar karton sehingga kita kemas dulu dalam bentuk plastik, dilakban baru kita distribusikan.

Sementara ini, katanya, semua logistik untuk kebutuhan di TPS sudah siap seperti formulir, sampul, kotak suara, dan alat coblos, kecuali surat suara yang belum.

“Harapan kami semoga Pemilu 2019 ini parstisipasi masyarakat tinggi serta tidak ada kendala apapun,” tutup Suryadi.

RULI SYAMSIL

TINGGALKAN KOMENTAR