Sebanyak 78 siswa kelas tiga SMK N 1 Tobadak di Desa Tobadak, Kecamatan Tobadak, Mateng melaksanakan UNBK sesi pertama, Senin, 25 Maret 2019. (Foto: Ruli)

TRANSTIPO.com, Topoyo – Pada Senin, 25 Maret 2019, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Tobadak, Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng) melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Tampak dalam ruangan para siswa SMKN 1 Tobadak serius dan tenang dalam menghadapi ujian. Di depan masing-masing siswa tedapat satu unit komputer yang disediakan oleh pihak panitia ujian di sekolah.

Di luar ruangan ujian, Kepala SMKN 1 Tobadak Muchlis Jalani menyampaikan bahwa sekitar 78 siswa kelas tiga SMKN 1 Tobadak yang melaksanakan UNBK.

Menurutnya, ujian ini dilaksanakan dalam tiga sesi. Penerapan ini untuk menyesuaikan alat komputer yang masih terbatas.

“Hari ini (Senin) sesi pertama UNBK diikuti 26 siswa, sesi kedua 26 siswa, sesi ketiga diikuti 26 siswa. Tiga sesi ini diterapkan karena peralatan komputer baru berjumlah 30 unit, sedangkan siswa kelas tiga yang mengikut UNBK sebanyak 78 siswa, sehingga pelaksanaan ujian dibagi dalam tiga sesi. Tiap sesi ada dua pengawas,” jelas Muchlis Jalani.

Ia tambahkan, alhamdulillah ujian pertama anak-anak hari ini cukup lancer, tidak ada kendala yang berarti.

Ia berharap semoga tahun ini ada perhatian dari pemerintah dengan melihat keterbatasan alat kelengkapan ujian, seperti komputer yang masih terbatas, agar ke depan bisa ditambah sehingga UNBK berikutnya bisa sekaligus dan serentak.

Selain itu, kata Muchlis, kami juga berharap ruang kepala sekolah serta guru yang ada saat ini yang kami tempat adalah kantor sementara. Ke depan juga pemerintah memperhatikan pembangunan untuk kantor ruang guru kami.

“Masalah kantor sebelumnya sudah beberapakali kita usulkan ke provinsi, dan kami tetap menunggu dari provinsi untuk dapat terealisasi usulan tersebut,” terang Muchlis Jalani.

Di tempat yang sama pengawas UNBK, Nimade Swariasih mengatakan, UNBK kelas  tiga hari ini dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia berjalan lancar dan aman.

“Ujian ini kami bagi dalam tiga sesi karena untuk menyesuaikan komputer yang ada,” kata Nimade.

Nimade menambahkan, muduh-mudahan UNBK sesi kedua dan ketiga berikutnya berjalan lancar juga.

RULI SYAMSIL

TINGGALKAN KOMENTAR