Pelepasan burung merpati sebagai simbol diresmikannya program relawan Kamu Bisa di Topoyo, Mateng, pada Sabtu, 2 November 2018. (Foto: Ruli)

TRANSTIPO.com, Topoyo – Di Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng) ada sebuah program relawan namanya Kamu Bisa: Kampung Kumuh Berbenah untuk Indonesia.

Program relawan Kamu Bisa ini digagas oleh Muhammad Rusdi dan pengenalannya diresmikan di Topoyo, Mateng, pada Sabtu, 2 November 2018.

Yang meresmikan program ini adalah Sekretaris Kabupaten Mateng H. Askary dan Ketua DPRD Mateng Arsal Aras Tammauni.

Ketika ditanya apa itu Kamu Bisa, Muhammad Rusdi mengatakan bahwa tujuan gagasan program tersebut yakni sebagai tonggak dimulainya awal perlawanan terhadap merajalelanya kekumuhan yang ada di Indonesia, khususnya akan dimulai di Mateng.

“Saya berharap dukungan pemuda dan DPRD Mateng agar program Kamu Bisa dapat dijadikan program daerah yang berkelanjutan. Selanjutnya dapat disebar ke daerah-daerah lain di Indonesia yang memiliki hal yang sama, yaitu perkampungan kumuh. Kampung-kampung kumuh ini adalah momok dam bahkan mungkin sudah mendarah daging bagi kita sehingga susah untuk dituntaskan pemerintah,” kata Rusdi.

Ia ucapkan terima kasih kepada Pemkab Mateng atas pengukuhan relawan-relawan Kamu Bisa. Para relawan itu yakni, Masbur (ketua), Rudi Rahmadi (sekretaris jenderal), Ernawati (bendahara), serta kawan-kawan relawan yang lainnya.

Penandatanganan sebagai dukungan dan kesepakatan bersama dari 9 OPD, yaitu Dinas PU dan Penataan Ruang Mateng, Dinas Perumahan Rakyat Mateng, Dinas Kesehatan Mateng, Dinas Dukcapil Mateng, Dinas Sosial Mateng, Dinas Pendidikan Mateng, Dinas Lingkungan Hidup Mateng, Bappeda Mateng, dan UPTD Pengelolaan Air Bersih Mateng.

Rusdi menutup dengan mengatakan, “Sebagai simbol dukungan pembebasan kampung kumuh di Indonesia, kita melakukan pelepasan burung merpati.”

RULI SYAMSIL

TINGGALKAN KOMENTAR