Sekretaris Pemkab Mamuju Haji Suaib (tengah) ketika sedang menjadi Pembina Upacara. (Foto: Humas)

Sekda Mamuju cek langsung kehadiran ASN di Pemkab Mamuju.

TRANSTIPO.com, Mamuju – Melihat kondisi kedisiplinan Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemkab Mamuju yang pasang surut, Seketaris Kabupaten Mamuju H. Suaib, Senin, 17 Juli 2017, terjun langsung mengecek kehadiran pegawai yang mengikuti upacara bendera di halaman Kantor Bupati Mamuju.

Sebagai pembina kepegawaian daerah, Suaib mengaku geram atas indisipliner sejumlah ASN yang hingga kini belum juga konsisten. Padahal jika merujuk Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017, Pasal 228 dan 229 tentang managemen pegawai negeri sipil, jelas penekanan tentang kinerja dan disiplin pegawai.

Bahkan, jelas sanksi atas tindakan indisipliner ASN. Untuk menunjukkan keseriusanya menegakkan disiplin, Suaib telah memanggil dan menegur sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD) yang bawahannya masih membandel.

“Saya tidak bisa dibohongi karena saya sendiri yang memeriksa absensi mereka tadi pagi,” tegas Suaib.

Untuk mengatasi hal ini, mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum ini mengaku, salah satu solusinya adalah menggunakan absensi berbasis teknologi dengan aplikasi scanner retina mata.

Cara ini akan segera diterapkan oleh Pemkab Mamuju.

“Jadi tidak akan ada lagi yang bolos atau diabsenkan karena absen retina ini hanya akan mengakumulasi kehadiran berdasarkan data identik mata seseorang, yang tentu sulit untuk dimanipulasi,” terang Suaib.

Ditambahkan, langkah saat ini dengan mengecek sendiri kehadiran pegawai adalah sebuah pemanasan sebelum penggunaan absen retina. Nanti jika telah diterapkan, ASN Pemkab Mamuju telah familiar dan terbiasa dengan pola kerja yang disiplin.

Menutup penjelasan ayah tiga anak ini, ia menegaskan, “Kehadiran di tempat kerja adalah syarat mutlak peningkatan kinerja ASN. Bagaimana Anda mau produktif dan dinilai berkinerja baik jika malas datang ke kantor.

HUMAS PEMKAB MAMUJU

TINGGALKAN KOMENTAR