Acara Sosialisai Jadwal Retensi Arsip Keuangan Kabupaten Mamuju Tahun 2019 di Wisma Mala’bi, Jl Pababari Mamuju, Rabu, 13 Maret 2019. (Foto: Arisman)

TRANSTIPO.com, Mamuju – Asisten III Bidang Administrasi Umum Kabupaten  Mamuju Yuslan Gustamin hadir dalam acara Sosialisasi Jadwal Retensi Arsip Keuangan Kabupaten Mamuju Tahun 2019, yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Mamuju, Rabu, 13 Maret 2019.

Acara yang digelar di Wisma Mala’bi, Jl Pababari Mamuju, Sulawesi Barat, dengan mengangkat tema “Sehat Arsip, Sehat Birokrasi”.

Hadir Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Mamuju Baharuddin dan peserta dari masing-masing OPD lingkup Pemkab Mamuju.

Yuslan Bustamin mengatakan kegiata ini peting untuk dilaksakan karena arsip itu adalah suatu dokumen yang sangat penting, tanpa arsip kita tidak akan mengetahui sejarah atau persoalan yang terjadi sebelumnya.

“Kegitan ini kita laksankan untuk memberikan pemahaman kepada semua OPD yang  ada di Kabupaten Mamuju agar dapat mengelolah dan menjaga arsip itu dengan baik,” ungkap Yuslan Gustamin.

Ia juga menegaskan arsip bukan hanya sekedar surat biasa, di mana arsip ada berapa macam yaitu arsip aktif dan arsip non aktif. Olehnya itu OPD harus melihat mana arsip yang penting dan mana arsip yang harus disimpan dalam jangka waktu tertentu supaya dapat dimunaskan. Itulah pentingnya sosialisasi ini dilakasanakan.

“Saya menghimbau kepada semua OPD agar dapat mengikuti secara seksama kegiatan sosialaisasi ini, dan melakukan diskusi terbuka sehingga pemahaman kearsipan di semua OPD dapat berlaku dan memahami secara umum tentang kearsipan itu sendiri,” tutup Yuslan Gustamin.

ARISMAN

TINGGALKAN KOMENTAR