Bupati Mamuju Habsi Wahid dan jajarannya meninjau Ujian Nasional untuk SD dan UNBK untuk SMP di Mamuju pada Senin, 22 April 2019. (Foto: Humas Pemkab Mamuju)

TRANSTIPO.com, Mamuju – Bupati Mamuju Habsi Wahid ditemani Sekretaris Daerah (Sekda) Mamuju Suaib dan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Hj. Murniani serta beberapa jajaran Pemerintah Kanupaten Mamuju melakukan peninjaun pelaksanaan Ujian Nasional (UN) yang dilaksanakan secara serentak di tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

“Hari ini kita sudah kunjungi beberapa Sekolah, tadi di SD Negeri 1 persiapannya cukup baik, dan di SMP 2 persiapan cukup bagus dan sejauh ini tidak ada kendala dalam pelaksanaan ujian ini,” terang Bupati Habsi setelah melaksanakan pemantauan ujian nasional pada Senin, 22 April 2019.

Ia juga mengapresiasi pelaksanaan UN tingkat SMP, pasalnya ujian dilaksanakan dengan sistem Ujian Nasional Berbasis Komputer  (UNBK) sehingga, menurutnya dengan UNBK tersebut siswa dididik dan terlatih dengan sistem IT sejak dini.

Meski begitu, Bupati Mamuju mengakui masih ada beberapa sekolah yang kekurangan fasilitas komputer sehingga dalam pelaksaan sistem UNBK tersebut, dilakukan dengan sistem pembagian sesi dalam pelaksanaan ujian.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Hj. Murniani menyampaikan, untuk jenjang SD sebanyak 5850 siswa yang terdata mengikuti ujian sementara untuk jenjang SMP sebanyak 5252 siswa.

Terkait pelaksaan ujian dengan sitem UNBK, Murniani mengakui belum ada  kendala  yang ditemukan.

“Alhamdulillah, jaringan masih lancar, dari kecamatan masih belum ada laporan,  berarti masih lancar di sana,” ujar Kadisdikpora Mamuju Hj. Murniani.

Ia juga mengakui bahwa terkait pelaksanaan ujian dengan sistem UNBK, pihaknya terus berupaya sehingga ke depan dalam pelaksanaan UNBK tidak ada lagi yang menumpang di sekolah lain pada saat melaksanakan ujian.

HASRAN

TINGGALKAN KOMENTAR