Upacara peringatan Hari Pahlawan 2018 di Mamuju, Sabtu, 10 November 2018. (Foto: Arisman)

TRANSTIPO.com, Mamuju – Pemerintah Kabupaten Mamuju bersama Kodim 1418 Mamuju menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan ke-73 di Lapangan Ahmad Kirang Mamuju, Sabtu, 10 November 2018.

Peringatan Hari Pahlawan ke-73 tahun 2018 mengusung tema “Semangat Pahlawan di Dadaku”. Inspektur upacara yakni Bupati Mamuju Habsi Wahid.

Hadiri dalam upacara peringatan Hari Pahlawan, Wakil Bupati Mamuju Irwan Sp Pababari, Sekretaris Kabupaten Mamuju, Kapolres Mamuju, Danramil 1418 Mamuju, Pasi Intel Kodim 1418 Mamuju, kepala OPD Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mamuju dan tamu undangan lainnya.

Membacakan amanat Menteri Sosial Republik Indonesia (RI), Habsi Wahid mengatakan bahwa setiap tahunnya pada tanggal 10 November, bangsa lndonesia akan terus memperingati Hari Pahlawan untuk mengenang peristiwa pertempuran di Surabaya.

“Peringatan Hari Pahlawan bukan semata sebuah acara seremonial, namun harus mengetahui makna dari Hari Pahlawan itu sendiri, dimana setiap peringatan Hari Pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan kita sehari-hari,” jelas Hasbi Wahid saat membacakan amanat dari Menteri Sosial.

Hasbi juga mengatakan, peringatan Hari Pahlawan bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai kepahlawanan, mempertebal rasa cinta tanah air, dan meneguhkan semangat pengabdian bagi bangsa dan negara di hati sanubari seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

Dari tema Hari Pahlawan tahun 2018 adalah “Semangat Pahlawan di Dadaku” maka itu mengandung makna sesuai dengan fitrahnya dalam diri setiap insan tertanam nilai-nilai kepahlawanan. Oleh sebab itu, siapa pun dapat menjadi pahlawan.

Habsi Wahid menghimbau, di Hari Pahlawan ini adalah momentum bagi bangsa lndonesia untuk melakukan introspeksi diri, sampai seberapa jauh setiap komponen bangsa dapat mewarisi nilai-nilai kepahlawanan. Peringatan Hari Pahlawan harus melahirkan ide, gagasan dan mentransformasikan semangat pahlawan menjadi keuletan dalam melaksanakan pembangunan.

“Melalui momentum peringatan Hari Pahlawan, marilah kita berbuat yang terbaik demi kemajuan bangsa dan Negara RI yang kita cintai bersama,” tutup Habsi Wahid.

ARISMAN SAPUTRA

TINGGALKAN KOMENTAR