Bupati Mamuju Habsi Wahid (memegang microfon) sedang memimpin Takbiran di Anjungan Pantai Manakarra Mamuju, Minggu malam, 11 September 2016. (Foto: Risman)

TRANSTIPO.com, Mamuju – Tepat pada Senin esok, 12 September 2016, umat Muslim sedunia akan melaksanakan Idul Adha atau hari raya Qurban.

Di Mamuju, sebagai salah satu cara yang lazim dalam menyambut puncak bulan haji, malamnya dilakukan Takbiran dengan cara pawai keliling kota secara tertib. Lancar dan tertibnya Takbiran, sangat ditentukan oleh bantuan dan kesigapan aparat kepolisian.

Malam ini, Minggu, 11 September 2016, Bupati Mamaju Habsi Wahid, Wakil Bupati Mamuju Irwan SP Pababari, dan Ketua DPRD Mamuju St. Suraidah Suhardi—dan dihadiri Dandim Mamuju dan Kapolres Mamuju—memimpin Takbiran yang dimulai di Pantai Manakarra Mamuju.

Takbiran ini sangat meriah. Seratusan mobil yang mengikutinya. Ketua Panitia Perayaan Hari Besar Islam(PHBI) Yusri Muis mengatakan, dalam perayaaan hari besar ini akan dilakukan Takbiran keliling yang diikuti oleh remaja-remaja Masjid yang ada di kota Mamuju.

“Takbiran ini star di pantai Manakarra, kemudian mengelilingi kota lewat depan Kantor Bupati Mamuju,” kata Yusri Muis.

Esok, Senin pagi seusai sholat Idul Adha, akan dilakukan penyembelihan hewan Qurban. “Hewan Qurban yang sudah ada saat ini sebanyak 290 ekor sapi dan 9 ekor kambing. Sholat Idul Adha akan dilaksanakan di Anjungan Pantai Manakarra sekitar pukul 07.00 wita,” jelas Yusri.

Penanggung jawab keamanan Takbiran keliling Kapolres Mamuju AKPB Sonny Mahar Budi Aditiyawan mengatakan, sebenarnya di kota-kota lain perayaan Takbiran keliling sudah tak pernah lagi dilakukan. alasannya, ya, karena selalu ada masalah terutama kecelakaan lalu lintas,” kata Sonny.

Kepada peserta Takbiran di Mamuju ini, Kapolres Mamuju menekankan agar semua peserta selalu menjaga keamanan dan ketertiban pada saat berkendara.

“Kalian harus hati-hati. Bagi pengendara sepeda motor harus memakai helem. Saya berharap agar semua peserta Takbiran mematuhi arahan petugas baik itu polisi, satpol PP, dan dinas terkait,” pinta Sonny Mahar Budi Aditiyawan.

RISMAN SAPUTRA

TINGGALKAN KOMENTAR