Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Bupati Mamuju Habsi Wahid, Kapolres Mamuju Muh. Rifai, dan Kemenag Mamuju pada saat Launching Taman Pendidikan Alqur’an (TPA) se-Kabupaten Mamuju di Masjid Al Muhajirin Desa Campaloga Kecamatan Tommo, Jumat, 20 Januari 2017. (Foto: Humas Pemkab Mamuju)

TRANSTIPO.com, Mamuju – Beberapa waktu lalu, Pemkab Mamuju berhasil mengembalikan anak putus sekolah sebanyak 3376 anak. Program ini disebut Gerakan Kembali Bersekolah (GKB). Museum Rekor Indonesia (MURI) kemudian beri rekor kepada Pemkab Mamuju berkat GKB itu.

Di bidang keagamaan, Pemkab Mamuju melalui Bagian Kesra telah meluncurkan (Launching) Taman Pendidikan Alqur’an (TPA) se-Kabupaten Mamuju yang dipusatkan di Masjid Al Muhajirin Desa Campaloga Kecamatan Tommo, Jumat, 20 Januari 2017.

Bupati MamujuHabsi Wahid mengungkapkan, dalam suatu pemerintahan harus ada keseimbangan antara pembangunan duniawi dan pembangunan ukhrawi, sehingga tidak ada kesan mengesampingkan salah satunya.

Terkait Launching TPA, Habsi menyampaikan hal ini sebagai langkah kongkrit yang dilakukan pemerintah dalam menuntaskan buta aksara Alquran. Kini, aku Habsi Wahid, masih banyak siswa di sekolah yang belum bisa membaca Alquran.

“Ini langkah kongkrit pemerintah dalam menuntaskan buta aksara Alquran. Ini juga menjadi titik awal dalam pembinaan agar Mamuju bisa mencetak Qari dan Qariah terbaik,” ujar Habsi Wahid.

Masih Habsi, sesuai kajian yang dilakukan lembaga kajian Tilawatil Quran Kabupaten Mamuju yang bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora), hanya sekitar 40 persen siswa-siswi di Kabupaten Mamuju yang mampu membaca Alquran dengan baik.

“Hal itu yang menjadikan Pemkab Mamuju memprioritaskan pengembangan pendidikan di 2017, khususnya pendidikan keagamaan,” kata Habsi.

Acara Launching TPA ini, terselenggara atas kerja sama antara Pemkab Mamuju, Polres Mamuju, dan Kemenag Mamuju. Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) telah dilakukan oleh tiga pihak ini.

Bupati Mamuju Habsi Wahid (kiri) sedang menyerahkan beberapa buah Alquran kepada Santri-Santriwati TPA Masjid Al Muhajirin Desa Campaloga Kecamatan Tommo, Jumat, 20 Januari 2017. (Foto: Humas Pemkab Mamuju)
Bupati Mamuju Habsi Wahid (kiri) sedang menyerahkan beberapa buah Alquran kepada Santri-Santriwati TPA Masjid Al Muhajirin Desa Campaloga Kecamatan Tommo, Jumat, 20 Januari 2017. (Foto: Humas Pemkab Mamuju)

Kapolres Mamuju AKBP Muh. Rifai apresiasi ajakan Pemkab Mamuju untuk melibatkan Polres Mamuju dalam kegiatan pemerintahan, terutama bidang keagamaan.

“Saya sangat terkesan dan tersanjung dengan adanya kegiatan Launching TPA ini yang melibatkan Polres Mamuju. Ini merupakan hal yang mendasar dalam pembangunan,” kata Kapolres Mamuju.

Muh. Rifai juga menuturkan, akan mengarahkan seluruh Bhabinkamtibmas yang ada di seluruh kecamatan untuk berperan aktif sehingga tetap terjalin hubungan yang baik antara Kepolisian dan Pemkab Mamuju.

Launching TPA ini dihadiri oleh Ketua DPRD Mamuju St Suraidah Suhardi, Ketua Baznas Mamuju Arifin HP Dara, para kepala SKPD Pemkab Mamuju, Camat se-Kabupaten Mamuju, guru TPA se-Kecamatan Tommo, dan Santri-Santriwati TPA Masjid Al Muhajirin Desa Campaloga Kecamatan Tommo.

HUMAS/HASRAN Kontributor

TINGGALKAN KOMENTAR