Kapolda Sulbar Brigjen Pol Nandang (kiri) ketika sedang mengikuti acara Adat dan Budaya Mandar, Sulbar, di Hotel Maleo, Minggu, 5 Februari 2017. (Foto: Zulkifli)

TRANSTIPO.com, Mamuju – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulbar Brigjen Pol Nandang benar-benar bercurhat kepada sejumlah wartawan di Mamuju malam tadi, 8 Februari 2017, di Warkop 89, Mamuju, Sulbar.

Selama beri penjelasan—dimulai sejak pengantar hingga menjawab beberapa pertanyaan wartawan—Kapolda Sulbar ini kerap kali mengundang tawa dengan selingan gurauannya. Memang, canda dan tawa adalah pintu pembuka untuk saling menyelami, saling mengenal, saling menumbuhkan hubungan kemitraan.

Di antara candaan itu, “Jika tulus ikut Pilkada, harus ikhlas terima hasilnya. Kan harus ada yang menang. Dari ketiga kontestan pasti ada salah satunya yang menang, tak mungkin menang semua,” kata Kapolda Nandang dalam nada yang agak lucu tapi substansi pesannya serius.

Termasuk ketika menyinggung soal terjadi tindak pemerkosaan. “Sebetulnya, pemerkosaan itu terjadi manakala ada paksaan satu pihak kepada lawan jenisnya. Tapi kalau sama-sama suka, itu bukan pemerkosaan namanya. Itu berarti saling cinta,” kata Brigjen Nandang, dan gurauan lainnya sebagai selingan dari perbincangan seputar Pilkada Sulbar.

Gurauan Kapolda ini memang terbilang efektif, ini jika dilihat dari produktifitasnya waktu perbincangan yang semalam. Meski hanya berlangsung dua jam, tapi sesuai pantauan langsung laman ini, masih banyak wartawan yang ingin ajukan pertanyaan kepada Kapolda Sulbar.

Dari tujuh wartawan yang bertanya—sudah termasuk Busman Rasyid yang diberi waktu ‘khusus’ untuk utarakan atas dugaan tindak penganiayaan yang dialaminya, beberapa lalu—ini dianggap belum memenuhi keinginan wartawan yang lain, yang masih banyak itu.

Namun, dengan begitu, Kapolda Sulbar janji akan bertemu kembali, akan ada jumpa pers lagi antara Polda Sulbar dengan wartawan sebelum tiba hari H pencoblosan Pilkada Sulbar, 15 Februari 2017.

Silaturahmi ini turut dihadiri oleh Wakil Kepala Polda Sulbar Kombes Pol Tajuddin, Karo Ops Polda Sulbar Kombes Pol Yohanis, Dir Krimsus Polda Sulbar Kombes Pol Andry Wibowo, dan sejumlah pejabat utama Polda Sulbar lainnya.

Di kalangan wartawan yang hadir, yang diundang khusus oleh Kabid Humas Polda Sulbar, terdapat beberapa pimpinan redaksi media cetak dan portal berita online, juga ada wartawan senior Sulbar, salah satunya Mursalim Madjid.

“Waduh, tempat ini agak panas. Kan ada tempat yang dingin, kan kita bisa di Hotel Maleo, nanti ya,” kata Brigjen Nandang sembari mengarahkan pandangannya ke Kabid Humas Polda Sulbar, tanda ‘persiapan silaturahmi berikutnya diadakan di Hotel Maleo’.

Janji Kapolda Sulbar untuk silaturahmi berikutnya menjadi penutup dialog atau curah informasi dan pendapat malam tadi.

ZULKIFLI/RISMAN SAPUTRA/SARMAN SHD

TINGGALKAN KOMENTAR