Ketua Fraksi Demokrat DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono (tengah-depan) sedang beri orasi di panggung kampanye akbar SDK-Kalma di Anjungan Pantai Manakarra Mamuju, Sulbar, Kamis sore, 2 Februari 2017. (Foto: Zulkifli)

TRANSTIPO.com, Mamuju – Puluhan ribu massa dan simpatisan Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulbar Suhardi Duka – Kalma Katta (SDK-Kalma) berkumpul di Anjungan Pantai Manakarra, Kamis, 2 Februari 2017.

Pasangan Calon Nomor Urut 1 ini menggelar kampanye akbar di Mamuju. Dalam sambutannya, SDK menyebut besarnya dukungan yang ia terima pada pencalonannya bersama Kalma di Pilgub 2017 ini merupakan bukti harapan yang besar dari masyarakat Sulbar untuk jauh lebih sejahtera di masa mendatang.

Menurut SDK, tak ada kekuatan lain yang lebih dahsyat selain dukungan dari masyarakat. Atas dasar itu pula, SDK meyakini bakal mampu memenangkan Pilgub Sulbar nanti.

“Kalau Allah, dan seluruh masyarakat di Sulbar ini sudah menghendaki kami untuk memenangkan Pilkada nanti, maka tidak ada satu kekuatan apapun yang dapat menghalanginya. The people power adalah kekuatan yang dahsyat. Kalau masyarakat yang menghendaki, maka tidak akan ada yang bisa menghalanginya,” sebut SDK di awal orasi politiknya.

Di hadapan puluhan ribu massa dan simpatisan pendukungannya, Ketua DPD Partai Demokrat Sulbar itu mengatakan, proses politik Pilkada 2017 ini kembali membuktikan bahwa masyarakat di Sulbar dapat bersatu.

“Hari ini kita kembali membuktikan bahwa kita semua bersatu. Bahwa kultur masyarakat kita kini tak ada lagi sekat-sekat. Hari ini kita buktikan, hadirnya kita di sini bersatu mendukung SDK-Kalma. Satu tujuan kita, ingin melihat Sulbar ini jauh lebih baik,” tegasnya.

Di panggung kampanye berukuran besar hari ini, SDK kembali menyuarakan beberapa program prioritasnya. Untuk membangun Sulbar, Bupati Mamuju dua periode ini berkomitmen untuk memberikan anggaran infrastruktur Rp. 100 miliar pertahun per kabupaten, menggratiskan seragam sekolah untuk anak didik usia SMA sederajat, dan memberi beasiswa bagi mahasiswa Sulbar.

Ia pun berkomitmen untuk memberikan jaminan kesehatan dengan membagikan kartu BPJS. “Kami pun berkomitmen untuk menciptakan pemerintahan yang jauh lebih bersahabat dengan masyarakat. Pemerintahan yang lebih terbuka, yang tidak hanya berpihak pada masyarakat kelas atas saja, tapi akan jauh menunjukkan keberpihakannya pada masyarakat di kelas bawah,” sebutnya.

Di saat yang sama, calon gubernur yang didukung Demokrat, Hanura, PKS dan PBB itu juga memohon dukungan dan juga doa kepada seluruh masyarakat Sulbar pada pencalonannya di momentum politik lima tahunan tersebut.

“SDK-Kalma itu orangnya komitmen. Tidak pernah saya bicara sampai dua
kali. Perjuangan itu pasti ada lika-likunya. Perjuangan itu memang harus dilalui dengan penuh perjuangan. Hari ini kita bersama di sini juga bentuk perjuangan kita semua. SDK-Kalma maju tidak untuk kalah, tapi SDK maju untuk menang. SDK tidak pernah kalah di momentum politik di Sulbar ini. Kini, kita berada di jalan yang benar, jalan kemenangan. Jangan takut, semua yang menghalangi kemenangan kita, mari kita lawan. Sebab kekuatan rakyat adalah kekuatan Tuhan,” tegas SDK.

Berkesempatan membawakan orasinya, Kalma Katta menjelaskan, optimismenya di momentum Pemilukada 2017 nanti kian memuncak. Komitmen masyarakat di 6 kabupaten di Sulbar untuk mendukung pencalonannya bersama SDK adalah salah satu alasannya.

“Kami ini sudah terbukti. Mendapat penilaian positif dari masyarakat dan juga dari negara saat memimpin kabupaten. Saya dan pak SDK sama-sama terpilih sebagai bupati di Majene dan Mamuju selama dua periode. Itu bukti penilaian positif dari masyarakat. Kami pun telah banyak mengukir prestasi dan mendapat pengakuan dari negara. Mamuju misalnya, sudah tiga kali berturut-turut mendapat opini WTP dari BPK RI. Itu bukti penilaian positif dari negara. Dan banyak penilaian positif lainnya baik di Majene maupun Mamuju,” jelas Kalma.

Ribuan massa hadiri kampanye atau rapat umum terbuka Paslon Nomor Urut 1 SDK-Kalma di Anjungan Pantai Manakarra Mamuju, Sulbar, Kamis sore, 2 Februari 2017. (Foto: Zulkifli)

Ia juga percaya, masyarakat Sulbar sesungguhnya bisa jauh lebih sejahtera. Jika ia dan SDK dipercaya oleh masyarakat untuk memimpin pemerintahan di Sulbar, ia pun berkomitmen untuk mewujudkan masyarakat yang lebih maju, sejahtera, mandiri dan berbudaya.

“Kami sudah banyak menghabiskan waktu berkeliling Sulbar. Kami tahu persis apa permasalahan yang dihadapi masyarakat. Untuk itu, kami percaya, kami mampu menyelesaikan persoalan masyarakat tersebut dengan visi misi dan jua program prioritas yang menjadi komitmen kami,” sebut Kalma Katta.

Sejumlah tokoh hadir di kampanye akbar SDK-Kalma sore tadi. Ada Bupati Mateng Aras Tammauni, Bupati Mamuju Habsi Wahid, Wakil Bupati Mamuju Irwan Pababari, Bupati Majene Fahmi Massiara, serta Ketua DPRD Sulbar Andi Mappangara.

Hadir pula Ketua DPRD Mamuju Suraidah Suhardi, Ketua DPRD Mateng Arsal Aras, serta sejumlah anggota DPRD baik dari kabupaten maupun provinsi. Beberapa nama dari pengurus partai pendukung juga terlihat hadir di panggung kampanye akbar SDK-Kalma.

Serta dua tokoh politik nasional, yakni Ketua Komisi Pemenangan Pemilu DPP Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono dan Sekjen DPP PKS Mustafa Kamil. Sesi hiburan di kampanye SDK-Kalma hari itu diisi oleh Nurdin KDI dan Bonita d’Academy, serta penampilan spesial dari Band Wali.

MANAF HARMAY Kontributor

TINGGALKAN KOMENTAR