Suasana Workshop Jurnalistik di Kantor BPS Sulbar, Sabtu, 23 September 2017. (Foto: Risman Saputra)

TRANSTIPO.com, Mamuju – Dalam rangka menyambur Hari Statistik Nasional (HSN) ke-26, Badan Pusat Statistik (BPS) Sulbar menggelar workshop jurnalistik, Sabtu, 23 September 2017. Temanya, “Menginterpretasi Data Strategis BPS Provinsi Sulawesi Barat”.

Workshop jurnalistik ini digelar di aula Kantor BPS Sulbar, Jalan Martadinata Nomor 10 Mamuju, Sulbar. Salah seorang narasumber adalah Naskah M. Nabhan, wartawan senior di Sulbar.

Pemateri lainnya adalah Salewang Sabran, Kabag TU BPS Sulbar yang mewakili Kepala BPS Sulbar. Salewang bawakan materi berkaitan dengan data di BPS.

Dalam sambutannya, Salewang bilang bahwa pelatihan ini sebagai bentuk sharing wartawan dengan BPS. Bagaimana cara membuat berita yang benar dan bagus, mengenai data-data yang benar dari BPS, untuk disampaikan kepada masyarakat.

“Intinya saling sharing, menyamakan presepsi agar pihak PBS Sulbar dengan wartawan agar hasil data-data statistik yang disampaikan kepada masyarakat itu tidak memiliki perbedaan,” kata Salewang.

Ada lima materi yang dibawakan oleh pihak pemateri dari kantor BPS, yakni data strategis statistik sosial, data strategis statistik produksi, data strategis statistik distribusi, data strategis neraca wilayah dan analisis statistic, dan terakhir diseminasi dan layanan stratistik BPS Provinsi Sulbar.

RISMAN SAPUTRA

TINGGALKAN KOMENTAR