Direktur PT Skay Energi Indonesia, Hengki, ketika menjawab pertanyaan sejumlah wartawan di Mamuju, Sulbar, Kamis, 23 Februari 2016. (Foto: Risman Saputra)

TRANSTIPO.com, Mamuju – Tak lama lagi kawasan wisata Karampuang, Mamuju, akan terang benderang dengan tidak lagi mengandalkan kekuatan penerang dari mesin genset yang kecil. Di Karampuang, listrik akan menyala selama 24 jam.

Hal itu diungkapkan oleh Direktur PT Skay Energy Indonesia, Hengki, di Mamuju, Kamis, 23 Februari 2017, di hadapan Pj. Gubernur Sulbar Carlo B Tewu dalam Rakorda. Dalam Rakorda ini juga hadir MCA Indonesia pusat dan para pelaksana program yang ada di Sulbar, yang kelak akan mengerjakan program pembangkit listrik di Karampuang.

Penerangan pulau wisata Karampuang itu akan dibantu dana hibah melalui MCA Indonesia. Di Indonesia, besaran dana hibah dari MCA Indonesia sekitar US$ 600 juta. Di sulbar sendiri ada 13 program yang akan dibantu, di antaranya program pembangkit listrik tenaga surya di Karampuang, Mmauju. Bantuan penerangan dari tenaga ini sangat diharapkan oleh masyarakat di pulau kecil seribu pesona yang tak jauh dari kota Mamuju.

“Kami akan membagun sekitar 4 titik di 4 lokasi. Diawali di Karampuang. Masyarakat di sana kan hanya pakai genset dan hanya menyala pada jam 6 sore dan mati lampu lagi pada jam 10 malam. Tapi jika sudah pakai PLTS ini, mereka bisa menggunakan lampu listrik selama 24 jam,” janji Hengki.

Menurut Hengki, kontraknya baru tanggal 10 Februari lalu, dan sekarang anak-anak sudah jalan, sudah dimulai pembuatannya. Insya Allah peletakan batu pertama kita akan laksanakan pada tengah bulan April 2017.

“Kami target pembangunan PLTS rampung di Oktober, jika tak ada halangan kami bisa percepat ke Agustus , dan jika 4 titik itu selesai maka sudah bisa digunakan,” jelas Hengki.

Berapa rumah yang akan diterangi PLTS itu? Hengki menjawab, “Semua warga Karampuang dapat menggunakan tenaga ini. Kalau tidak salah sekitar 600 lebih kepala rumah tangga atau 600 rumah yang ada di Pulau Karampuang. Semua terlayani.”

RISMAN SAPUTRA

TINGGALKAN KOMENTAR