Hanya 77 Orang Pelamar CPNS Pemprov Sulbar Lolos Tes CAT

257

TRANSTIPO.com, Mamuju – Hasil seleksi kompetensi dasar (SKD) Calon Pengawai Negeri Sipil (CPNS) bagi pelamar Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Barat (Sulbar) hanya 77 orang yang lolos atau penuhi passing grade (nilai ambang batas minimal).

Data dari BKD Pemprov Sulbar, sebanyak 5.226 pelamar CPNS formasi Pemprov Sulbar, tapi hanya 4.973 orang yang mengikuti tes CAT di UPT BKN Mamuju, dan hanya 77 orang yang lolos atau penuhi PG.

Kepala BKD Sulbar Amujib mengatakan bahwa tes CAT yang dimulai sejak 31 Oktober hingga 10 November  2018 itu adalah tahap penentuan untuk melanjutkan ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB). Sehingga yang dapat disampaikan kepada pelamar, saat ini baru tahap pertama atau yang telah memenuhi passing grade, bukan kelulusan.

“Untuk Pemprov Sulbar tahapan SKD sudah berakhitr, lulus tidaknya nanti akan ditentukan dan dikeluarkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN),” ucap Amujib di Mamuju pada Sabtu, 11 November.

Menurutnya, setelah semua daerah melaporkan hasil tes CAT, tidak menutup kemungkinan akan ada kebijakan yang dikeluarkan Kemenpan RB dan BKN terkait penentuan kelulusan untuk lanjut pada tahap SKB.

“Sekali lagi penentuan kelulusan itu sepenuhnya wewenang pemerintah pusat, kita (BKD) di daerah tidak masuk dalam panitia seleksi nasional (Panselnas) kita hanya memfasilitasi,” aku Amujib.

Begitu pun pada SKB mendatang, katanya, pemprov hanya akan memfasilitasi meskipun pelaksanaannya dilakukan di daerah masing-masing (termasuk Sulbar) namun itu tidak akan ada campur tangan dari pemerintah daerah.

ARISMAN SAPUTRA

TINGGALKAN KOMENTAR