Foto: Arisman

TRANSTIPO.com, Mamuju – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Mamuju menggelar sosialisasi pengawasan Pemilu 2019, Selasa, 9 April 2019.

Acara ini digelar di Hotel Yaki Mamuju yang dihadiri Ketua Bawaslu Mamuju  Rusding, anggota komisioner Bawaslu Mamuju Muhammad Faizal Jumalang dan Mustikawati.

Selaku narasumber, Ketua Bawaslu Sulawesi Barat (Sulbar) Sulfan Sulo dan komisioner Bawaslu Sulbar Supriadi Narno.

Kali ini Bawaslu Mamuju menggandeng pemilih pemula untuk meningkatkan pengawasan dalam Pemilu 2019 dengan dimana melaksanakan pelatihan dan pemahaman dari berbagai perwakilan sekolah di Mamuju.

Komisioner Bawaslu Mamuju Faisal Jumalang mengatakan, kita harap adik-adik ini juga bagian pengawas dan jika ada menemukan di lapangan segera melaporkan ke Bawaslu.

Menurutnya, sekarang ini banyak dugaan pelanggaran akan terjadi apalagi menyasar pemilih pemula dengan berbagai modus seperti memberikan paket data, pulsa listrik, dan yang lainnya, tapi kami yakin yang hadir ini tidak akan terpengaruh.

“Kita akan menyasar pemilih pemula karena ini bagian dari peningkatan pengawasan agar tidak terjadinya pelanggaran pada pesta demokrasi yang tinggal menghitung hari,” ungkap Faisal Jumalang.

Ia menambahkan, jika pemilih pemula sangat rentang dipengaruhi oleh oknum tidak bertanggung jawab dalam melancarkan aksi pelanggaran demi berhasil meraih suara banyak.

Sedangkan Ketua Bawaslu Mamuju Rusding mengungkapkan, dari berbagai segmen sudah disentuh dan dibangun komitmen. Sehingga saat ini pihaknya menyentuh pemilih pemula agar pemilih pemula bisa meningkat pada Pemilu 2019.

“Berangkat dari pemikiran bahwa adik-adik sekalian masuk sebagai pemilih (pemula) yang pertama kalinya karena kita ini masih terpengaruh baik dari keluarga maupun dari orang lain. Perlu kita pahami bahwa adik-adik merupakan yang melek pada informasi, makanya kita mengajak untuk berperan serta. Serta termasuk menginformasikan jika mememukan pelanggaran pemilu partisipasinya sangat diperlukan,” ucap Rusding.

Rusding juga menyampaikan dari berbagai perwakilan sekolah yang hadir dalam sosialisasi ini, pihaknya mengharapkan pemilih pemula ikut andil dalam menjaga integritas demokrasi.

“Mari kita sama-sama mengawasi terutama di sekeliling kita dan melaporkan kalau ada dilihat melanggar, pasti kita akan memprosesnya,” tutup Rusding.

ARISMAN

TINGGALKAN KOMENTAR