Wakil Bupati Mamuju Irwan SP Pababari (tiga dari kiri) sedang memimpin rapat di Aula Kantor Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Mamuju, Rabu, 22 Maret 2017. Kepala Bapenda Mamuju Yusri Muis (sedang berbicara) beri paparan dalam rapat itu. (Foto: Lisa Sari Dewi)

TRANSTIPO.com, Mamuju – Dalam rangka memaksimalkan pajak dan retribusi Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) bentuk Satgas dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), yaitu Bapenda, Inspektorat, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kominfosan dan OPD lainya untuk menggenjot Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui pajak dan retribusi.

Acara yang berlangsung di aula Kantor Bapenda Mamuju hari ini, Rabu, 22 Maret 2017, dipimpin oleh Wakil Bupati Mamuju Irwan SP Pababri.

Dalam paparannya, Irwan Pababari mengatakan, hal ini dilakukan untuk membantu kegiatan Bapenda dalam rangka menggenjot PAD karena selama ini kisaran perolehan realisasi target itu hanya bermain di angka 60 persen hingga 70 persen.

“Di awal tahun ini sudah naik sampai 92,9 persen, walau sebenarnya masih terkendala objek pajak dan retribusi dan ini masih bisa diupgrade (ditingkatkan) dari target yang sudah ditetapkan pada tahun kemarin sebanyak Rp 74 miliar,” kata Wakil Bupati Irwan Pababari.

Olehnya itu, kata Irwan lagi, objek pajak dan retribusi ini menjadi sektor utama untuk menerapkan fungsi dari tim Satgas yang ada, selain untuk memberikan penekanan kepada objek pajak juga akan menganalisa dan memberi solusi tentang kendala yang ada di lapangan.

Kepala Bapenda Yusri Muis juga mengatakan, tim Satgas akan turun tentunya dibekali indentitas berupa kartu tanda pengenal (ID Card) kepada petugas agar masyarakat mengetahui Satgas itu ada, kerjanya bukan cuma meningkatkan PAD tetapi bisa memberikan pengertian bahwa pemungutan PAD itu diatur oleh Perda.

“Dibanding dengan tahun kemarin, perolehan PAD mencapai 200 persen itu bisa dilampaui kalau proses ini berjalan dengan baik. PAD itu bukan untuk siapa-siapa tetapi PAD itu dikembalikan ke rakyat dalam bentuk pembangunan kesejahteraan masyarakat,” kata Yusri Muis.

LISA SARI DEWI/HUMAS MAMUJU

TINGGALKAN KOMENTAR