Gerakan pembersihan sampah di Anjungan Pantai Manakarra, Mamuju, oleh kader Pramuka dan kader HMI Mamuju, Minggu, 5 Januari 2017. (Foto: Humas Pemkab Mamuju)

TRANSTIPO.com, Mamuju – Mengaktualisasi dukungan terhadap gerakan Mamuju Mapaccing yang saat ini tengah digalakkan Pemkab Mamuju, Pramuka Kwartir Cabang Mamuju bersama Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Manakarra melakukan bakti sosial dengan melakukan pembersihan areal Anjungan Pantai Manakarra, Minggu, 5 Februari 2017.

Setidaknya 200 anggota pramuka bersama puluhan kader HMI terlihat bahu-membahu membersihkan salah satu icon daerah Mamuju ini dari ceceran sampah yang bertebaran di lokasi tersebut.

Wakil Ketua Bidang Prasana Gerakan Pramuka Kwarcab Mamuju Hamka mengatakan, gerakan sosial ini hanyalah sebagai stimulan terhadap pola pikir masyarakat yang selama ini tidak begitu membudayakan pola hidup bersih. Jika tidak dimulai dengan merubah mindset, maka gerakan Mamuju Mapaccing akan sangat sulit dilihat dampaknya di waktu mendatang.

Hamka berharap, kepedulian dari Pramuka serta HMI saat ini akan mendapat dukungan dan partisipasi dari seluruh elemen masyarakat untuk mendukung program pemerintah yang dinilai sangat baik ini.

Terpisah, Ketua HMI Cabang Manakarra Herlin menjelaskan, kolaborasi HMI dan Pramuka ini sebenarnya tidak secara sengaja direncanakan. Aksi sosial yang dilakukan kader HMI Cabang Manakarra dengan melakukan pembersihan untuk mendukung gerakan Mamuju Mapaccing sebenarnya adalah salah satu agenda dalam menyambut milad HMI.

Menurut Herlin, selain agenda tersebut sebelumnya HMI telah melakukan lomba orasi ilmiah, dan rencanya sesudah melakukan gerakan Mamuju bersih ini, akan dilanjutkan dengan kegiatan sosial lainnya, yakni HMI berbagi dengan mengunjungi panti asuhan.

Ketua Cabang HMI 2016-2017 ini mengaku sangat mengapresiasi gerakan Mamuju Mapaccing yang digalakkan oleh Pemkab Mamuju.

“Gerakan ini adalah salah satu program yang paling memperlihatkan progres yang sangat baik di masyarakat dan perlu mendapat dukungan nyata dari semua pihak,” kata Herlin.

HUMAS PEMKAB MAMUJU

TINGGALKAN KOMENTAR