Upacara HUT Mamasa ke-16 Tampilkan Karakter Budaya Mamasa

400

TRANSTIPO.com, Mamasa – Upacara peringati Hari Ulang Tahun Kabupaten Mamasa ke-16 yang dilaksanakan di Lapangan Upacara Mamasa, cukup berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya lantaran semua peserta upacara maupun petugas upacara kali ini, semuanya memakai pakaian Adat Mamasa.

Puncak HUT Kabupaten Mamasa tahun ini diperingati pada Senin, 12 Maret 2018. Sebenarnya, HUT Mamasa jatuh pada 11 Maret. Namun karena pada 11 Maret itu bertepatan dengan hari libur bersama, Minggu, maka peringatan HUT ini dilaksanakan pada Senin, 12 Maret.

Dua hari sebelum upacara, dilaksanakan juga karnaval budaya serta pameran aneka tradisi lokal seperti kain tenun Mamasa, musik bambu dan pakaian Adat Mamasa, dan aneka buah yang menjadi produksi unggulan masing-masing kecamatan.

Hal itu dilakukan Pemerintah Kabupaten Mamasa dalam rangka mendorong perekonomian masyarakat Mamasa, juga pengembangan pariwisata Mamasa, di mana Mamasa telah dinobatkan sebagai salah satu daerah destinasi wisata di Provinsi Sulawesi Barat.

Plt. Bupati Mamasa Bonggalangi, selaku inspektur upacara menyampaikan, pada perayaan HUT Mamasa 2018, sangat tepat untuk mengevaluasi sejauh mana pembangunan yang sudah terlaksana dan yang belum dilaksanakan.

Katanya, untuk yang belum terlaksana agar menjadi prioritas pada rancangan pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) di tahun yang akan datang.

“Keberhasilan pemerintah yang sudah dirasakan oleh masyarakat, antara lain pembangunan infrastruktur jalan, jembatan, baik status jalan negara, provinsi, kabupaten dan bahkan sampai di desa,” kata Bonggalangi.

Menurutnya, keberhasilan di bidang infrastruktur jalan dan jembatan sangat signifikan berpengaruh terhadap pendidikan, kesehatan, pertanian, perkebunan dan perikanan serta industri rumah tangga.

FRENDY CHRISTIAN

TINGGALKAN KOMENTAR