Ilustrasi--Net

TRANSTIPO.com, Mamasa – Jelang pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak yang akan digelar pada April mendatang, salah satu kelengkapan yang disyaratkan bagi kepala desa (Kades) incumbent atau yang sedang menjabat dan hendak mencalonkan kembali harus melampirkan Surat Keterangan (Suket) bebas temuan dari Kantor Inspektorat Mamasa.

Hal tersebut diungkapkan Inspektur Kantor Inspektorat Mamasa, Nikolas Bokky saat ditemui pada Rabu, 8 Maret 2017.

“Itu menjadi syarat bagi Kades aktif yang mau maju kembali. Karena tugas kami memberi pembinaan, maka jika ada kesalahan pertanggung jawaban secara administrasi maka disarankan untuk melakukan pengembalian keuangan,” katanya.

Menurutnya Nikolas, Suket yang akan dikeluarkan didasarkan pada pengelolaan anggaran dana desa (ADD) dan Dana Desa (­DD) pada tahun 2015 ke bawah. “Kita dasarkan pada pengelolaan keuangan di tahun 2015 dan sebelum-sebelumnya. Kalau ditemukan adanya pelanggaran maka otomatis kami tidak akan diberikan keterangan bebas temuan,” tutur Nikolas.

Sementara untuk pengelolaan keuangan desa tahun 2016, ia menjelaskan hanya akan dilakukan pemeriksaan administrasi.

“Kades yang mau masuk kembali, harus menyampaikan SPj-nya satu bulan sebelum pemilihan dilangsungkan. Akan tetapi jika ada laporan pelanggaran atau penyalahgunaan anggaran oleh Kades incumbent di tahun 2016, maka 1×24 sejak laporan masuk akan segera kami tindak lanjuti,” jelas Nikolas.

FRENDY CRISTIAN

TINGGALKAN KOMENTAR