Sejumlah Komisioner KPU Mamasa, Bersama Kapolres Mamasa Dalam kegiatan Launcing pilkada 2018 di Mamasa, Sabtu 28 Oktober 2017. (foto: Frendy Christian)

TRANSTIPO.com, Mamasa – Komisoner KPU Mamasa Yusuf Mardianto, mengungkapkan, KPU Mamasa menarget partisipasi pemilih dalam plilkada 2018 mendatang capai angka 75%. Hal tersebut diungkapan pada kegiatan Launching pilkada di aula Convention Centre Hall GTM Mamasa, Sabtu kemarin, 28 Oktober 2017.

Terkait adanya  peryataan yang menarget 75% partisipasi pemilih oleh KPU Mamasa dalam pilkada 2018 mendatang langsung mendapat tanggapan oleh sejumlah anggota DPRD Mamasa yang hadir dalam kegiatan Launching pilkada pada sabtu kemarin.

Sala satunya anggota DPRD Mamasa Yohanis Buntulangi dari partai Demokrat,yang menganggap bahwa target partisipasi pemilih oleh KPU sebesar 75% dapat dipersepsikan sebagai bentuk apatisme oleh peyelenggara pilkada, karena sikap tersebut adalah bentuk pelemahan proses demokrasi di Mamasa yang seharusnya KPU harus optimis menarget 100% partisipasi pemilih di Mamasa.

Selain Yohanis, anggota DPRD dari partai Hanura David Bamba Layuk juga mengatakan target partisipasi pemilih oleh KPU yang hanya 75%, merupakan bentuk kemunduran demokrasi di Mamasa karena seharusnya KPU dapat mencapai angka 100% partisipasi pemillih dengan dukungan anggaran yang cukup besar yakni Rp 26,6 miliar, seharunya lebih maksimal bekerja dengan memanfaatkan dana yang ada.

Menanggapi hal tersebut  Ketua KPU Kabupaten Mamasa, Suriani T. Dellumaja, mengatakan bahwa target sebesar 75% seperti yang disampaikan, merupakan target keseluruhan pilkada di Indonesia. Ketua KPU juga menolak jika disebut apatis dan melemahkan proses demokrasi karna KPU Mamasa memastikan akan bekerja secara maksimal.

“Kita optimis partisipasi pemilih diatas 75% hanya saja saat ini kita mengalami kendala karena syarat wajib pilih harus memiliki e-KTP sementara masyarakat masih ada yang belum melakukan perekaman e-KTP, sehingga target 75% adalah target yang rasional,” ungkap Suriani.

FRENDY CHRISTIAN

TINGGALKAN KOMENTAR