Seremoni pelepasan atau pendistribusian surat suara di depan Kantor KPU Mamasa, Kamis, 21 Juni 2018. (Foto: Frendy)

TRANSTIPO.com, Mamasa – Dalam hitungan hari pelaksanaan Pilkada Mamasa, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mamasa mulai mendistribusikan bilik dan surat suara. Di hari pertama, surat suara didistribusikan di delapan kecamatan.

Ketua KPU Mamasa Suryani T. Dellumaja mengatakan, tahapan pendistribusian logistik ke panitia pemilihan kecamatan, dilakukan pada tanggal 21–23 Juni 2018, dimulai di delapan kecamatan, yakni Kecamatan Pana’, Kecamatan Rantebulahan Timur, Kecamatan Mehalaan, Kecamatan Mambi, Kecamatan Bambang, Kecamatan Aralle, Kecamatan Buntu Malangka, dan Kecamatan Tabulahan.

“Delapan kecamatan ini didahulukan mengingat jarak yang begitu jauh dan letak geografi serta curah hujan yang tinggi. Itu yang kita khawatirkan, jangan sampai tidak terdistribusi dengan baik,” katanya di Mamasa, Kamis, 21 Juni.

Logistik yang didstribusikan KPU, menurut Suryani, dikawal ketat pihak keamanan hingga tiba di tempat tujuan masing-masing.

Para petugas dari KPU Mamasa sedang mengemasi logistik Pilkada untuk didistribusikan ke sejumlah kecamatan di Kabupaten Mamasa, Kamis, 21 Juni 2018. (Foto: Frendy)

Kepala Polisi Resort (Polres) Mamasa AKBP Atianto turut menyaksikan pelepasan surat surat suara mengungkapkan, pihaknya bertanggungjawab penuh atas keamanan surat suara yang didistribusikan.

“Mengingat surat suara ini merupakan dokumen negara yang memiliki nilai yang sangat strategis, maka harus diamankan sepenuhnya. Saya tekankan kepada anggota bahwa tidur pun surat suara harus ada dipangkuan Anda,” ungkapnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Sulawesi Barat sebagai koordinator wilayah Kabupaten Mamasa menyampaikan, pihaknya mengapresiasi langkah pengamanan yang dilakukan Polres Mamasa dalam mengawal surat suara.

“Ini merupakan tahapan yang sangat strategis, sehingga kita berharap jika pendistribusian ini sukses maka tahapan pilkada selanjutnya akan sukses,” Farhanuddin, Anggota KPU Sulawesi Barat di Mamasa.

FRENDY CHRISTIAN

TINGGALKAN KOMENTAR