Kapolres Mamasa AKBP Hanny Andika (tengah-depan) sedang memamerkan daun sayur milik Kelompok Tani Litaksakka, binaan Bhabinkamtibmas Polsek Mamasa, Mamasa, Selasa siang, 25 Oktober 2016. (Foto: Frendy Cristian)

TRANSTIPO.com, Mamasa – Kapolres Mamasa AKBP Hanny Andika, didampingi Kapolsek Mamasa IPTU Marthen dan Kapolsek Sumarorong AKP Lambertus, melakukan panen sayur di Litaksakka, Desa Rambusaratu, Mamasa, Selasa siang, 25 Oktober 2016.

Kebun sayur ini adalah kebun yang dirintis oleh Kelompok Tani Litaksakka, binaan Bhabinkamtibmas Polsek Mamasa. Pembinaan kebun ini dipimpin langsung oleh Kapolsek Mamasa, Briptu Mahendra.

Menurut Briptu Mahendra, ini merupakan sebuah terobosan yang kreatif bagi masyarakat di bidang pertanian.

Kapolres Mamasa, AKBP Hanny Andika, ketika ditemui di lokasi panen mengungkapkan, ini adalah satu awal bagi kita di jajaran Polres Mamasa. Ke depan, kita akan mencoba untuk digeliatkan oleh kelompok masyarakat berikutnya. Polres akan bina mereka jadi petani yang produktif dan berproduksi.

Kapolres Mamasa menjelaskan, masyarakat dan Polri bersinergi, akrap, rukun dan saling membantu. Salah satu bukti semua itu adalah saat ini (Selasa, 25 Oktober, red), masyarakat bisa melakukan panen sayur sebagai hasil kerjasama Bhabinkamtibmas dengan masyarakat.

Sementara itu, Briptu Mahendra sebagai pembina kelompok tani mengatakan, untuk saat ini target kami belum untuk skala produksi yang besar, seperti memenuhi kebutuhan sayur warga Mamasa.

“Iya, minimal untuk kebutuhan sehari-hari anggota kelompok itu bisa terpenuhi,” kata Mahendra.

Namun kendala yang dihadapi kelompok tani Litaksakka saat ini adalah soal ketersediaan pupuk organik yang masih sulit didapatkan.

“Untuk memenuhi kebutuhan pupuk organik, semua didatangkan dari luar Mamasa,  sementara pupuk tersebut adalah kebutuhan utama bagi petani,” kata Agus, ketua kelompok tani itu.

FRENDY CRISTIAN

TINGGALKAN KOMENTAR