Foto lokasi gempa yang disampaikan BBMKG Wilayah IV Makassar. (Foto : BBMKG Wilayah IV Makassar)

Terasa hingga ke Mambi dan sekitarnya.

TRANSTIPO.com, Mamasa – Gempa Bumi Tektonik kembali mengguncang wilayah Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat, Minggu malam, 9 Juni 2019.

Sejumlah warga yang sedang berada di dalam rumah sempat keluar dari rumah mereka. Sandi, salah satu warga di kota Mamasa mengaku kaget saat gempa terjadi dan sempat keluar rumah bersama keluarganya.

“Semua orang kaget, kami sempat keluar rumah karena gempanya terasa keras dan lama, semua isi rumah ikut bergoyang,”katanya.

Hasil analisis BMKG yang disampaikan Darmawan Kepala BBMKG wilayah IV Makassar,  melalui pesan whatsaAp mengungkapkan, informasi awal gempa bumi ini berkekuatan M=4,7 SR terjadi pada pukul 22:27:16 wita. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2.98 LS dan 119.59 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 10 km Tenggara Kecamatan Pana, Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat dengan kedalaman 10 km.

“Dengan memperhatikan lokasi dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempa bumi ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Saddang yang berdekatan dengan pusat epicenter,” katanya.

Berdasarkan laporan masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di Mamasa III-IV MMI, Bittuang III MMI, Rantepao dan Makale III MMI serta Majene III MMI.

Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Namun memastikan informasi resmi yang hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (www.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (iOS dan Android @infobmkg).

FRENDY

TINGGALKAN KOMENTAR