Operasi simpatik berlalulintas di Mamasa, tampak si cantik bagikan bunga, Rabu 15 Maret 2017. (Foto: Frendy Cristian)

TRANSTIPO.com, Mamasa – Pemandangan berbeda kali ini ditampilkan Satlantas Polres Mamasa yang bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Mamasa saat menggelar operasi simpatik di Mamasa kota pada Rabu, 15 Maret 2017.

Dalam operasi ini, mereka menggandeng duta pariwisata Mamasa lengkap dengan pakaian adat Mamasa dan mendandani Polwan dengan selendang khas Mamasa. dalam operasi simpatik ini, si cantik itu kemudian membagikan setangkai bunga kepada pengendara yang melintas. Hal ini tentu menarik simpati dari pengguna jalan.

Jika biasanya saat melakukan operasi penertiban disertai dengan tindakan berupa tilang di tempat, namun kali ini operasi simpatik lebih mengedepankan pembinaan kepada para pengguna jalan serta memberi pemahaman agar tertib berlalulintas.

Kabag Ops Polres Mamasa, Kompol Haidir, yang memimpin di lapangan menjawab konfirmasi wartawan, “Kegiatan seperti ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa masyarakat Mamasa juga memiliki rasa simpati terhadap tugas kepolisian, begitupun sebaliknya dan sekaligus mempromosikan budaya Mamasa.”

“Dengan keterlibatkan duta pariwisata yang menggunakan kostum adat Mamasaa dapat menciptakan suasana yang lebih humanis,” kata Kompol Haidir. Hal senada diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan Mamasa, Domina Mogot, dengan mengatakan, “Operasi yang digelar hanya memberi contoh bagi masyarakat dalam hal ketertiban lalu lintas.”

Olehnya itu menurut Domina, “Salah satu cara yang kita lakukan adalah membagikan kembang ini kepada semua pengguna kendaraan baik roda dua maupun roda empat sebagai alat motivasi bagi mereka agar senantiasa mematuhi rambu-rambu lalu lintas.”

Domina tambahkan, ini juga sesuai dengan petunjuk pimpinan untuk lebih mengedepankan pembinaan dalam melakukan penertiban.

“Pak Bupati dan pak Kapolres sudah instruksikan agar kegiatan dilakukan dengan mengutamakan pendekatan persuasif,” katanya.

Asri, salah seorang pengguna jalan, merasa senang dengan pendekatan yang dilakukan dalam melaksanakan operasi ini.

“Unik. Ini cara baik dalam pembinaan. Barusan ini dilakukan begini. Ini akan membuat masyarakat akan benar-benar simpatik dengan tugas penertiban di jalan,” puji Asri.

FRENDI CHRISTIAN

TINGGALKAN KOMENTAR