Pernikahan Unik dan Sejarah Baru di Mambi

11084

Acara pernikahan ini sebenarnya sudah lama direncanakan.

Tapi, masyarakat Mambi dan sekitarnya seolah tak percaya jika Riska Eka Galung yang warga Mambi ini akan menikah dengan Letnan (AL) Bayu Abiantoro dari Surabaya, Jatim, yang kini ajudan resmi Ibu Hajjah Iriana Joko Widodo.

Kita tak perlu ragu: jodoh itu di Tangan Tuhan. 

TRANSTIPO.com, Mambi – “Yang kita tau hanya pesta mallekok, pesta makbingkung, pesta di sawah. Malam ini betul-betul kayak mimpi,” kata sejumlah pengunjung yang hadir dalam resepsi pernikahan Bayu Abiantoro dengan Riska Eka Galung di Mambi, Mamasa, Sulbar, Minggu malam, 26 Februari 2017.

Kata-tata pada Lead di atas yang dipadu dengan bahasa daerah Mambi itu terucap secara lugas dan jujur lantaran acara pesta yang mereka saksikan itu akan jadi sejarah yang mereka tak akan pernah lupa.

Bahwa, sebuah pernikahan yang ramai dengan dihadiri tak kurang 28 Perwira Angkatan Laut Indonesia, dan sejumlah keluarga Bayu Abiantoro dari Surabaya, Jawa Timur.

Di bawah tenda besi yang melengkung itu, meski dengan panjang 52 meter milik Cindy Salon Mambi, warga Kecamatan Mambi masih belum muat atau terpaksa berdiri di luar tenda untuk acara resepsi pernikahan itu.

Ketika sedang berlangsung Upacara Pedang Pora yang dilaksanakan oleh personil atau Perwira dari Lantamal IV Makassar dan Lantamal V Surabaya, tak sedikit warga yang berdiri di atas kursi untuk memastikan detik perdetik menyaksikan secara penuh upacara yang sepanjang hidupnya baru kali ini disaksikan secara langsung.

Ini terjadi di Mambi–sebuah kampung di kaki gunung yang tinggi di Provinsi Sulbar, Indonesia.

Kata-kata mallekok dan makbingkung di atas adalah salah satu rangkaian kegiatan dalam pekerjaan warga yang bertani di Mambi dan sekitarnya.

Mereka ungkapkan itu lantaran takjubnya, dan tentu akan bangganya sebuah upacara yang biasanya hanya ditonton di televisi, kini benar-benar hadir di depan mereka secara kasat mata.

Warga Mambi, atau yang hadir pada pesta pernikahan Bayu dan Riska semalam itu, sungguh terhibur dengan pagelaran Upacara Pedang Pora.

Selamat Berbahagia untuk Bayu dan Riska. Kurru’ Sumanga’ Pole Paraja.

Nantikan sajian berikutnya.

SARMAN SHD

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR