Foto bersama komunitas Mamuju Mengajar di Dusun Mollo, Desa Pati’di, Simboro, Mamuju pada Sabtu, 25 Mei 2019. Relawan Mamuju menggelar Pesantren Ramadhan di Dusun Mollo dan disambut antusias warga Dusun Mollo. (Foto: Zulkifli)

TRANSTIPO.com, Mamuju – Komunitas Mamuju Mengajar menggelar Pesantren Ramadhan di Dusun Mollo, Desa Pati’di, Kecamatan Simboro, Kabupaten Mamuju pada Sabtu, 25 Mei 2019.

Kegiatan Pesantren Ramadhan yang digelar di hari ke-20 Ramadhan 1440 H ini berlangsung meriah.

Kegiatan tersebut diisi berbagai macam perlombaan, seperti lomba hafalan Al-Quran pada surah pendek, dilanjutkan buka puasa bersama di Masjid Mollo serta shalat tarwih berjamaah, dan lomba kumandangkan adzan.

Peserta lomba diikuti siswa SDN Mollo. Acara ini disaksikan oleh Kepala Dusun Mollo, Kepala Sekolah SDN Mollo, tokoh masyarakat, Imam Masjid dan masyarakat desa.

Imam Masjid Mollo mengapresiasi langkah Gerakan Mamuju Mengajar yang meluangkan waktunya terjun ke masyarakat. Karena dengan begitu, ia melihat bahwa ternyata ada potensi anak-anak Mollo yang bisa adzan dengan suara yang begitu merdu.

Di tempat yang sama, Kepala Dusun Mollo Abdullah P. mengapresiasi kegiatan Pesantren Ramadhan yang digelar oleh relawan Mamuju Mengajar. Ia juga mengaku akan selalu mendukung kegiatan-kegiatan relawan Mamuju Mengajar selama di Mollo.

“Kegiatan dari teman-teman (relawan) Mamuju Mengajar sangat luar biasa untuk anak-anak di Mollo ini. Kami mengucapkan terima kasih yang sebanyak-banyaknya dengan adanya kegiatan seperti ini. Utamanya saya selaku Kepala Dusun (Mollo). Betul-betul saya mendukung setiap kegiatan adek-adek relawan di daerah saya,” ungkap Abdullah P.

Kepala Sekolah SDN Mollo Ratna mengatakan, sejak adanya pendampingan yang dilakukan oleh relawan Mamuju Mengajar membawa kemajuan bagi siswa-siswi SDN Mollo, utamanya keberanian siswa tampil di depan umum.

Menurutnya, dengan adanya pendampingan yang dilakukan oleh relawan Mamuju Mengajar membawa dampak positif bagi siswanya. Utamanya mental para siswa yang sudah tidak malu-malu lagi untuk tampil di depan umum.

“Jujur, ada beberapa siswa yang sama sekali malu untuk tampil di depan umum, dan sekarang sudah berani ikut lomba. Ini sebuah kesyukuran bagi kami karena kita bisa melaksanakan lomba ini bersama adek-adek dari Mamuju Mengajar,” aku Kepala Sekolah SD Mollo Ratna di sela-sela pelaksanaan lomba.

Pada pukul 22.30 WITA semua jenis lomba dapat terselesaikan, dan panitia langsung mengumumkan pemenangnya.

Pada pengumuman lomba ini dibacakan oleh salah satu relawan Mamuju Mengajar, yakni Syarifuddin atau yang akrab Kak Puje.

Selain mengumumkan pemenang lomba, Kak Puje juga memberikan semangat dan motivasi kepada peserta yang tidak memenangkan lomba.

“Selamat bagi adek-adekku yang sudah mendapat juara, semoga dengan apa yang dicapai dapat menjadi sebuah motivasi untuk belajar lebih giat lagi, begitu pula yang belum mendapat juara, kiranya tidak berkecil hati, langkah kalian masih panjang, kalian masih punya kesempatan untuk menjadi juara pada lomba-lomba berikutnya,” tandas Kak Puje.

Untuk diketahui, Pesantren Ramadhan di Dusun Mollo ini merupakan bagian dari program pendampingan relawan Mamuju Mengajar di SDN Mollo selama setahun. Pendampingan di SDN Mollo ini sudah berlangsung sejak bulan Maret 2019.

ZULKIFLI DARWIS

TINGGALKAN KOMENTAR