Adegan Pemilu Diperagakan Ratusan Siswa SLTA di Mateng

227
Simula Pemilu oleh KPUD Kabupaten Mateng dengan melibatkan pelajar SLTA. (Foto: Ruli)

TRANSTIPO.com, Topoyo – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng), Sulawesi Barat, menggelar Simulasi Pemilu dengan melibatkan ratusan siswa dari SMAN 1 Budong-budong, Kecamatan Budong, Mateng.

Kegiatan simulasi kepemiluan ini dilaksanakn di halaman belakang Kantor KPUD Mateng, gelar simulasi bersama ratusan Siswa SMA N 1 Budong-budong.

Simulasi tentang kepemiluan ini berlangsung di halaman belakang kantor KPU Mateng di Dusun Tumbu, Kecamatan Topoyo, Mateng pada Kamis, 7 September 2023.

Terpantau, dalam kegiatan simulasi itu para siswa diberi peran, ada yang berperan sebagai panitia, saksi, pengawas, dan sebagai peserta pemilih.

Saat dikonfirmasi, Kamis, 7 September, Ketua KPUD Mateng Alamsyah mengatakan, kegiatan tersebut merupakan program dari sekolah, yang satu hari full digunakan mereka untuk memahami kepemiluan.

“Sebelumnya, pagi di dalam ruangan (aula KPUD) telah berlangsung pemberian sejumlah materi kepemiluan,” ujar Alamsyah.

Materi kepemiluan menurut Alamsyah yakni pemahaman bagaimana proses dan tahapan pemilu, mulai dari pendataan, hak memilih, pantarlih penetapan daftar pemilih di KPUD.

“Siang ini kita lanjut simulasi, praktek langsung di lapangan tata cara melakukan pemungutan suara, kita fasilitasi,” pungkas Alamsyah.

Alamsyah berharap dengan adanya kegiatan tersebut anak-anak bisa paham sejak dini bagaimana proses dan tahapan kepemiluan. “Mereka mesti tahu sejak dini,” ujarnya.

Ia menambahkan sebelumnya sudah dilakukan sosialisasi kepemiluan di sekolah-sekolah

Menurut Alamsyah, simulasi kepemiluan ini baru pertama kali dilakukan dengan melibatnya banyak pelajar.

.namun ke giatan Simulasi hari ini kata dia baru pertama kali, dan bentuknya pun berbeda.

“Kalau sosialisasi tentang kepemiluan sudah kita lakukan di sekolah-sekolah, tapi simulasi seperti hari ini memang baru pertama kali dilakukan.

RULI SYAMSIL

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini