Adang Ginanjar Kapolda Sulbar yang Baru, Verdianto Ditarik ke Mabes Polri

1068
Kapolda Sulbar yang baru, Irjen Pol R. Adang Ginanjar bersama istri. (Foto: Net)

TRANSTIPO.com, Mamuju – Kapolri Jendedal Listyo Sigit Prabowo melakukan mutasi di internal lembaga Kepolisian RI. Salah satunya yang masuk dalam gerbong mutasi tetsebut yakni Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Barat (Sulbar).

Irjen Pol Verdianto Iskandar Bitticaca mengakhiri masa tugas selaku Kapolda Sulbar dan digantikan oleh Irjen Pol R. Adang Ginanjar.

Mutasi ini tertuang dalam surat telegram Kapolri ST 1394/VI/2023 yang ditandatangani oleh Kapolri Listyo Sigit Praboeo pada 24 Juni 2023.

Serah terima jabatan Kapolda Sulbar dari Verdianto Iskandar ke Adang Ginanjar berlangsung di Mapolda Sulbar, Kalubibing, Mamuju pada Senin, 17 Juli 2023.

Acara seremonial serah terima jabatan Kapolda Sulbar tersebut dihadiri oleh sejumlah kalangan di Sulbar, di antaranya pejabat daerah dari Forkopimda Sulbar dan Forkopimda 6 kabupaten yang ada di Sulbar.

Verdianto Iskandar meninggalkan Mamuju, Sulbar untuk menempati posisi barunya yakni sebagai Asisten Kapolri Bidang Operasi. “Biasa disebut Asops Kapolri,” kata Kabid Humas Polda Sulbar Kombes Pol Syamsu Ridwan, Selasa, 18 Juli 2023.

Apa saja agenda Kapolda baru Dan?

Adakah agenda road show ke Polres-Polres dalam waktu dekat?

Apa saja komitmen yang disampaikan pak Kapolda baru saat mulai tugas baru secara resmi di Polda Sulbar?

“Masih mendalami internal dulu mas,, pasti ada nanti rencana kunjungan ke Polres-Polres, cuma belum diagendakan waktunya,” tulis Syamsu Ridwan dalam keterangan tertulisnya, Selasa siang, 18 Juli sekitar pukul 13.45 WITA.

Apa saja komitmen Kapolda baru terkait gelaran Pemilu 2024?

Apa saja komitmen Kapolda baru terkait peningkatan pengamanan terhadap masyarakat Sulbar secara umum?

“Nanti dikabari mas,” Syamsu Ridwan singkat.

Ada sebuah kasus yang masih menjadi atensi publik, misalnya kasus pembunuhan di Kecamatan Aralle, Kabupaten Mamasa, adakah penekanan atau semacam komitmen oleh Kapolda untuk kembali diperdalam pengusutannya?

Terkait Sekolah Kepolisian di Kecamatan Malunda, Kabupaten Majene, apa komitmen Kapolda baru terkait pembenahan Sekolah Kepolisian di sana?

“Sabar mas. Ini bapak baru lepas sambut kemarin. Beliau pasti akan pelajari dulu dan segera ambil langkah-langkah kebijakan,” jelas Syamsu Ridwan.

Terkait kasus lama di Aralle?

“Semuanya,” tulisnya singkat.

Kematian dua warga Kelurahan Aralle, Kecamatan Aralle, Kabupaten Mamasa yakni Porepadang (54) dan istrinya Sabrina (50) di rumah kediamannya pada Minggu, 7 Agustus 2022, hingga kini masih misteri.

Kematian pasangan suami istri ini kuat dugaan dibunuh dan dilakukan oleh orang tertentu secara tidak manusiawi. Sudah hampir satu tahun peristiwa pembunuhan itu terjadi, pihak kepolisian belum menemukan siapa pelaku, termasuk motif pembunuhan itu dilakukan.

Keluarga korban dan publik masih memberi perhatian terhadap kasus yang menghebohkan dulu itu.

Saat lepas sambut kemarin, apa saja pesan moril yang berkorelasi pada tupoksi Polda?

“Meneruskan kebijakan kapolda lama dan akan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” jawab Syamsu Ridwan.

Kombes Syamsu Ridwan juga menyampaikan, rencana bulan ini akan dilaksanakan pendidikan bintara Polri penerimaan Polda Sulbar.

“Rencana pembukaan tanggal 25 Juli 2023,” sebut Syamsu Ridwan.

SARMAN SAHUDING

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini